BKSDA Jateng Ajak Seluruh Elemen Lindungi Satwa Terancam Punah

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah membentuk forum bersama yang bertujuan melestarikan satwa dilindungi terancam punah

BKSDA Jateng Ajak Seluruh Elemen Lindungi Satwa Terancam Punah
net
ELANG JAWA termasuk jenis hewan terancam punah dan harus dilindungi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah membentuk forum bersama yang bertujuan melestarikan satwa dilindungi yang terancam punah di Kabupaten Pekalongan, Rabu (19/4/2017).

Pembentukan forum yang diberi nama Forum Kolaborasi Peduli Pelestarian Satwa Prioritas Terancam Punah Kabupaten Pekalongan ini dilaksanakan di Hotel Sahid Mandarin, Kota Pekalongan.

OWA JAWA termasuk jenis hewan terancam punah dan harus dilindungi
OWA JAWA termasuk jenis hewan terancam punah dan harus dilindungi (net)

Kepala BKSDA Jateng, Suharman, mengatakan, berdasarkan keputusan Dirjen KSDAE nomor SK 180/IV-KH/2015, ditetapkan 25 satwa terancam punah prioritas untuk ditingkatkan populasinya pada 2015 hingga 2019.

Untuk di Jawa Tengah, terdapat tiga jenis hewan terancam punah dari 25 hewan yang ditetapkan oleh Dirjen KSDAE.

"Ada Elang Jawa, Owa Jawa dan Macan Tutul. Di Kabupaten Pekalongan, ada dua jenis yakni Elang Jawa dan Owa Jawa," kata Suharman.

Suharman mengatakan, beberapa faktor yang membuat spesies tersebut terancam punah yakni sebaran yang terbatas, perburuan liar, degradasi habitat dan faktor lainnya.

ELANG JAWA termasuk jenis hewan terancam punah dan harus dilindungi
ELANG JAWA termasuk jenis hewan terancam punah dan harus dilindungi (net)

"Untuk Owa Jawa dan Elang Jawa berdasarkan site monitoring di Kabupaten Pekalongan berada di Hutan Lindung Petungkriyono dan Hutan Lindung Linggoasri," katanya.

Hutan Lindunf tersebut di luar kawasan konservasi yang dikelola oleh Perum Perhutani.
"Ada beberapa spesies yang hidup di hutan lindung yang dikelola oleh Perhutani," katanya.

Pembentukan Forum Kolaborasi Peduli Pelestarian Satwa Prioritas Terancam Punah Kabupaten Pekalongan.
Pembentukan Forum Kolaborasi Peduli Pelestarian Satwa Prioritas Terancam Punah Kabupaten Pekalongan. (tribunjateng/muh radlis)

Berdasarkan kondisi itu, Suharman mengajak seluruh elemen untuk bersama sama bergabung dalam forum ini untuk meningkatkan sinergitas program kerja dalam rangka konservasi Owa dan Elang Jawa.

"Forum ini nanti akan diSKkan oleh Gubernur Jawa Tengah sehingga jelas siapa bertugas apa. Nanti akan melibatkan juga dari Kepolisian dan akademisi serta pemerhati satwa terancam punah. Jadi jelas tugasnya masing masing," katanya. (*)

Penulis: muh radlis
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved