Breaking News:

Relawan Kendeng Galang Dana Dengan Cara Sablon Kaos

Relawan dari berbagai kabupaten membuka posko Nguripi Kendeng di Kantor LBH Demak Raya

Penulis: rival al manaf | Editor: muslimah
Relawan Kendeng Galang Dana Dengan Cara Sablon Kaos
istimewa
Beberapa pemuda menyablon kaos bertemakan perlawanan warga Kendeng terhadap pabrik semen di Kantor LBH Demak Raya, Rabu (19/4/2017)

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Relawan dari berbagai kabupaten membuka posko Nguripi Kendeng di Kantor LBH Demak Raya, Mangunjiwan Kabupaten Demak, Rabu (19/4/2017).

Posko tersebut merupakan bagian dari aksi solidaritas atas perjuangan warga Kendeng. Uniknya, mereka mengumpulkan dana dengan cara melakukan penyablonan pada kaos masyarakat yang peduli dengan kelestarian kendeng.

"Pelayanan ini dibuka dari kemarin dan hari ini terakhir, dana yang terkumpul akan di gunakan untuk kepentingan perjuangan masyarakat kendeng," jelas Advokat Publik LBH Demak Raya Abdul Rokhim dalam press release.

Ia berharap dana yang terkumpul dapat digunakan dalam rangka mendesak pemerintah untuk mematuhi keputusan Mahkamah Agung.

Sekretaris DPC Ikadin Kabupaten Demak ini berpendapat kebenaran yang tidak diperjuangkan akan kalah dengan kejahatan yang diperjuangkan.

"Padahal untuk memperjuangkan butuh dana dan tenaga yang tidak sedikit, nah ini sedikit upaya dari kami dalam hal pendanaan," bebernya.

Ia menilai, perjuangan masyarakat pegunungan Kendeng, Rembang, untuk menolak pembangunan dan operasional pabrik semen sudah sangat spartan. "Warga Kendeng melakukan long march dari Kendeng ke Semarang, melakukan aksi mengecor kaki dengan semen hingga ada korban meninggal," tambahnya.

Kematian warga Kendeng Patmi ketika melakukan aksi pengecoran kaki berujung pada keputusan presiden Joko Widodo meminta peresmian pengoprasian pabrik semen indonesia di Rembang di tunda sampai menunggu hasil kajian tim terkait.

"Tapi penundaan pengoperasian pabrik semen bagi warga bukanlah tujuan utama, tujuan mereka hanya satu cabut ijin operasioanal pabrik semen karena amar putusan Mahkamah Agung mengamanatkan seperti itu," pungkasnya.

(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved