Sweet Home

VIDEO Penampakan Luar dan Dalam Rumah Joglo Milik Ikhwan Ubaidillah di Kalicari

Rumah joglo berukuran besar milik Ikhwan Ubaidillah di Perumahan Griya Rahardja Nomor 26 A, Kalicari, Semarang dipenuhi hiasan ukiran kayu

VIDEO Penampakan Luar dan Dalam Rumah Joglo Milik Ikhwan Ubaidillah di Kalicari
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Begini rumah joglo milik Ikhwan Ubaidillah di Perumahan Griya Rahardja Nomor 26 A, Kalicari, Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rumah joglo berukuran besar milik Ikhwan Ubaidillah di Perumahan Griya Rahardja Nomor 26 A, Kalicari, Semarang dipenuhi hiasan ukiran kayu maupun keramik China.

Rumah dengan konsep Joglo ini dipenuhi berbagai tanaman, guci dari Tiongkok dan berbagai perabotan lawasan.
Dia area rumah, terdapat ratusan bongkahan batu akik berbagai jenis mulai dari bacan, giok, jasper, solar aceh, calsedon, onyx, black oval, hingga kecubung. Eksotik dan tampak teduh serta rindang.

Tiap ada koleksi baru, langsung ditata dan dicatat oleh Muhammad Maulana (28) penata koleksi di rumah tersebut.

Begini rumah joglo milik Ikhwan Ubaidillah di Perumahan Griya Rahardja Nomor 26 A, Kalicari, Semarang.
Begini rumah joglo milik Ikhwan Ubaidillah di Perumahan Griya Rahardja Nomor 26 A, Kalicari, Semarang. (TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Ikhwan yang juga Ketua Yayasan Lindu Aji menyukai barang barang seni. Sedangkan Muhammad Maulana atau Amad merupakan penanggung jawab rumah tersebut.

Koleksi barang seni yang berada di perumahan Griya Raharja ini, hampir di setiap sudutnya terdapat keramik khas China yang memiliki berbagai macam bentuk.

Dari mulai bentuk mangkuk, gelas, cawaan, gentong, dan sejenisnya, ada di rumah ini. Berkonsep rumah tropis joglo jawa, sang pemilik memang sengaja memadukan unsur tumbuhan, air, batu, dan kayu. Konsep hunian tropis, model rumah Joglo Kudus, menggunakan kayu jati dari Blora.

DOMINASI KAYU - Rumah joglo didominasi material kayu berukir cukup terawat di rumah milik Ikhwan Ubaidillah di Griya Raharja, Kota Semarang. Piring-piring keramin juga hiasi sudut-sudut dinding kayu ukir.
DOMINASI KAYU - Rumah joglo didominasi material kayu berukir cukup terawat di rumah milik Ikhwan Ubaidillah di Griya Raharja, Kota Semarang. Piring-piring keramin juga hiasi sudut-sudut dinding kayu ukir. (TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Keramik yang berada di rumah ini bukan hanya dipajang di atas meja, maupun diletakkan pada lemari khusus, melainkan juga dikombinasi dengan tumpang sari pada setiap rumah joglonya. Dahulunya sang pemilik memperoleh keramik ini hingga dari negeri China dan Malaysia, bahkan Eropa, namun saat ini sudah ada beberapa orang yang mencoba menawarkannya langsung.

Rumah ini sudah ada sejak tahun 2002, menyimpan keramik dan kayu-kayu kuno, bahkan terdapat barang seni ukiran kayu, ukiran batu, dan kuningan yang jumlahnya tidak hanya beberapa biji saja. (tribunjateng/faisal affan/hermawan handaka)

Penulis: Hermawan Handaka
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved