Breaking News:

HEBAT, Desa Agrowisata Stroberi di Purbalingga Ini Sumbang Pendapatan Rp 1,4 Miliar

HEBAT, Desa Agrowisata Stroberi di Purbalingga Ini Sumbang PADes Rp 1,4 Miliar. Ribuan warga desa Serang, Karangreja melakukan pelebaran jalan swadaya

Penulis: khoirul muzaki | Editor: iswidodo
tribunjateng/khoirul muzaki
Desa Agrowisata Stroberi di Purbalingga Ini Sumbang PADes Rp 1,4 Miliar. Ribuan warga desa Serang, Karangreja melakukan pelebaran jalan swadaya secara gotong royong. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Ribuan warga desa Serang, Karangreja melakukan pelebaran jalan secara swadaya.

Kegiatan itu untuk mendukung Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) gotong royong yang diprakarsai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Purbalingga.

Bupati Purbalingga Tasdi bersama Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Purbalingga mengambil alih pekerjaan warga yang tengah mencangkul tanah untuk pelebaran jalan.

Bupati memimpin kerja bhakti pelebaran jalan wisata sekaligus jalan alternatif Serang-Kutabawa sepanjang 1,2 kilometer tersebut.

"Karena gregetnya, tahun ini Desa Serang kembali mendapatkan bantuan keuangan khusus Rp 200 juta. Untuk pelebaran jalan, nanti talut sepanjang 1,2 km akan dibangun oleh pemda," ujar Bupati Tasdi di sela Gebrak Gotong Royong, Selasa (25/4).

Desa yang populer dengan wisata kebun stroberi itu telah menorehkan prestasi. Serang menjadi desa dengan Pendapatan Asli Desa (PADes) paling tinggi di kabupaten Purbalingga.

Tahun 2016, agrowisata stroberi Serang mampu menyumbang PADes mencapai Rp 1, 4 miliar.

Kepala Desa Serang Sugito mengatakan, pelebaran jalan wisata dari Serang menuju desa Kutabawa sepanjang 1,2 kilometer menjadi 6 meter dilakukan oleh 4000 warga.

"Kegiatan ini murni swadaya warga. Baik tenaga, alat kerja dan komsumsi. Bahkan warga merelakan tanahnya untuk pelebaran jalan," kata Sugito

Selain pelebaran jalan, dalam Gebrak Gotong Royong ini, ada kegiatan rehab dua Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang didukung PDAM dan Paguyuban SPBU Purbalingga. Kegiatan dilanjutkan dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), penanaman pohon, dan pemberian bantuan beras 1.073 bungkus, perbungkus berisi 5 kilogram.

Pemkab juga memberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Ibu Hamil dan Balita, bantuan anak yatim piatu, kursi roda serta alat dan mesin pertanian untuk kelompok tani setempat. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved