Ini yang Dilakukan Bupati Semarang untuk Perkenalkan Produk Unggulan Daerahnya

Hal pertama yakni Pemkab memberikan pelatihan serta ketrampilan kepada masyarakat serta pendampingan kepada pelaku usaha

Ini yang Dilakukan Bupati Semarang untuk Perkenalkan Produk Unggulan Daerahnya
tribunjateng/dok
Menanggapi rekomendasi DPRD Kabupaten Semarang terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD 2016 yang tidak layak dinilai, Bupati Semarang Mundjirin memiliki pembelaan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Bupati Semarang, Mundjirin mengatakan untuk meningkatkan daya saing produk lokal Kabupaten Semarang, dia berharap Pemkab dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melakukan beberapa hal.

Hal pertama yakni Pemkab memberikan pelatihan serta ketrampilan kepada masyarakat serta pendampingan kepada pelaku usaha.

Selain itu, Pemkab berkoordinasi dengan perbankan untuk memberikan permodalan bagi para pelaku usaha.

"Kami sudah memberikan pelatihan-pelatihan ketrampilan dan usaha serta saat ini permodalan dari beberapa bank seperti Bank Jateng hingga BPR milik Pemkab juga sudah mudah," ujarnya saat membuka Kabupaten Semarang Expo (Kasmex) tahun 2017 di Alun-Alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran, Kamis (18/5/2017).

Namun, yang menjadi kendala bagi para pelaku usaha yakni adalah pemasarannya.

"Jika suatu produk belum dikenal maka sulit dipasarkan, sehingga Pemkab Semarang membuat kegiatan expo atau pameran seperti ini atau mengirimkan produk unggulan Kabupaten Semarang untuk ikut pameran di daerah lain supaya produk unggulan dapat dikenal masyarakat," sambungnya.

Selain membuat pameran, Mundjirin juga mengatakan para pegawai negeri (PNS) hingga masyarakat untuk membeli produk asli kabupaten Bumi Serasi.

"Saya contohkan para PNS untuk membeli beras asli Kabupaten Semarang karena beras kita belum bisa dijual di Dolog (Depot Logistik), sehingga perlu bantuan PNS dan masyarakat untuk turut membeli hingga memperkenalkannya ke daerah lain," tandasnya. (*)

Penulis: suharno
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved