Sweet Home

Rutin Bersihkan Peralatan Masak dan Kompor, Jangan Tunggu Noda Mengering

Bagaimana membuat pantry yang sedap dipandang, tapi juga sesuai kebutuhan dan kegunaannya. Berikut panduan memiliki pantry idaman.

Rutin Bersihkan Peralatan Masak dan Kompor, Jangan Tunggu Noda Mengering
istimewa
ilustrasi membersihkan kompor

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Bagaimana membuat pantry yang sedap dipandang, tapi juga sesuai kebutuhan dan kegunaannya. Berikut panduan memiliki pantry idaman.

1. Pilih Material yang Mudah Dibersihkan
Penggunaan material kayu cukup membuat Anda kesulitan dalam hal pembersihannya di dapur. Oleh sebab itu, pilih material penutup dinding, lantai, serta dinding backsplash yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap air. Misalnya, menggunakan keramik sebagai penutup lantai atau solid surface pada permukaan top table. Jika Anda membiarkan backsplash hanya berupa tembok yang dicat, ada kemungkinan dinding dapur Anda akan rusak.

2.Membersihkan Peralatan Masak dan Kompor
Setelah memasak langsung cuci peralatan yang telah digunakan agar bekasnya tidak membuat dapur kotor dan bau. Hindari menumpuk cucian piring terlalu lama, karena sampah-sampah di peralatan makan dan masak bisa mengundang semut, atau kecoa, bahkan tikus. Jangan lupa juga untuk membersihkan kompor, biasanya kompor seringkali diabaikan kebersihannya.

3. Gunakan Cooker Hood
Cooker hood, satu di antara perangkat dapur yang mampu menghisap asap dan bau tak sedap. Asap yang dihasilkan dari proses memasak akan dihisap melalui cerobong asap dan dikeluarkan ke ruang luar, sehingga udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar. Alat ini lebih diperlukan untuk dapur yang berada di dalam ruangan, jika dapur Anda berada di outdoor, Anda tidak perlu memakai alat ini.

4. Jangan Biarkan Saluran Air Sink Tersumbat
Sampah sisa makanan sering kali menyumbat saluran air di tempat pencucian piring di dapur. Saat tersangkut, sampah-sampah tersebut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Anda bisa membersihkannya dengan menuangkan satu atau dua cangkir soda kue atau cuka yang diikuti dengan air panas. Agar pipa tidak sering tersumbat, sebaiknya pisahkan sampah padat bekas makanan ke tempat sampah. Untuk sampah-sampah yang berukuran kecil, gunakan penyaring di lubang pembuangan sink. Dengan menggunakan penyaring, kotoran akan terkumpul dan Anda dapat membuangnya dengan mudah.

5. Atur Tempat Penyimpanan
Sebisa mungkin peralatan memasak yang Anda simpan dalam lemari atau kabinet tidak berantakan. Perlengkapan yang ditata di kabinet dapat meminimalisasi barang yang perlu diletakkan di atas meja dapur sehingga dapur lebih rapi. Kelompokkan sesuai kegunaan dan fungsinya. Simpan bumbu masak dalam toples kaca sebelum menyimpannya dalam lemari. Buang peralatan atau bahan makanan dan masakan yang sudah tidak Anda perlukan lagi.

6. Pisahkan Sampah Basah dan Sampah Kering
Agar dapur senantiasa bersih dan sehat, Anda perlu mengelola tempat sampah dengan membedakannya antara tempat sampah untuk sampah basah atau kering. Pilih tempat sampah yang disertai penutup untuk menghindari adanya kecoa atau serangga lainnya. Anda juga bisa meletakkan jeruk lemon di tempat sampah dapur, untuk menetralisir bau, sehingga dapur bebas bau.

Jangan Tunggu Noda Mengering

Dapur tidak selalu identik dengan ruangan yang berantakan dan tidak enak dipandang. Saat ini sudah ada pantry atau dapur kering yang bisa diaplikasikan untuk hunian-hunian yang lahannya terbatas. Namun pasti ada saja bahan yang akan mengotori kabinet pada pantry.\
Saya menyarankan untuk segera membersihkan noda-noda maupun bagian yang kotor terkena bahan makanan. Apabila sudah mengering, noda tersebut akan lebih sulit untuk dihilangkan atau dibersihkan.

Untuk membuat pantry, perhatikan gaya yang akan digunakan dan sesuaikan dengan tema hunian. Atau bisa juga menyesuaikan pada ruangan yang ada di sekitarnya. Percantik pantry dengan hiasan-hiasan yang mengandung unsur makanan.

Pada bagian meja, saya menyarankan menggunakan bahan cor beton yang dilapisi keramik granit, karena meja menyokong beban yang lebih berat. Untuk kabinet yang lainnya bisa menggunakan bahan plywood yang dilapisi HPL, karena lapisan ini memiliki banyak tekstur dan warna yang bisa dipilih.

Karena pantry bisa disebut juga sebagai dapur yang rapi, sehingga usahakan sebisa mungkin memaksimalkan ruangan-ruangan yang ada, untuk menyimpan perabot memasak. Memberikan sedikit hiasan-hiasan lampu yang temaram, juga bisa memperindah penampilan pantry saat malam hari. (tribunjateng/cetak/afn/majalahasri.com)

Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved