Ramadan 2017

Kapolres Salatiga Makin Rajin Sambangi Para Tokoh Agama, Ini Tujuannya

“Tidak memungkiri, apabila potensi paham radikalisme ataupun anti Pancasila masuk menyelinap ke Salatiga,"

Kapolres Salatiga Makin Rajin Sambangi Para Tokoh Agama, Ini Tujuannya
Tribun Jateng/Deni Setiawan
Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudianto didampingi Kasat Binmas Polres Salatiga AKP Kristiyastuti Handayani bersilaturahmi di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Kelurahan Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga, Jumat (2/6/2017). Dalam kunjungan itu, rombongan diterima KH Usman Mansur, pimpinan ponpes tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dalam tiga hari terakhir ini, Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudianto beserta para jajaran perwira di Mapolres Salatiga bersilaturahmi, menyambangi para tokoh agama di Kota Salatiga, khususnya di beberapa pondok pesantren.

“Ini adalah kegiatan yang sengaja kami agendakan. Tujuannya adalah silaturahmi, apalagi ini adalah bulan suci, Ramadan. Tak ada salahnya kami untuk semakin rajin bersilaturahmi dengan seluruh tokoh agama maupun tokoh masyarakat di Salatiga,” kata Kapolres kepada Tribun Jateng, Minggu (4/6/2017).

Dia menjelaskan,  agenda lain yang juga menurutnya tidak kalah pentingnya adalah menjadi bagian upaya pihak Polres Salatiga untuk mengajak para tokoh untuk bersama-sama menangkal sejak dini terhadap paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila atau Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tidak memungkiri, apabila potensi paham radikalisme ataupun anti Pancasila masuk menyelinap ke Salatiga. Karena itu pula, kami ingin mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membendungnya. Jangan sampai paham-paham tersebut masuk ke Salatiga,” jelasnya.

Dan suatu cara, lanjutnya, yang dilakukan yakni menjalin rasa kebersamaan, silaturahmi, dan komunikasi secara efektif dengan seluruh tokoh agama maupun tokoh masyarakat yang ada di Kota Salatiga. Harapannya, melalui para pemimpin misalnya di pondok pesantren, dapat membantu Polri untuk menyosialisasikannya kepada para santrinya.

“Dari beberapa tempat yang telah kami kunjungi, kami bersyukur dan berterimakasih. Kami diterima dan didukung untuk usaha kami bersama mereka agar tetap tegaknya NKRI. Dan juga siap bersama-sama menghadang suatu ancaman dari luar yang bisa merusak sikap toleransi di Kota Salatiga. Upaya-upaya seperti akan terus kami giatkan tanpa batasan waktu,” terang Kapolres.

Kasat Binmas Polres Salatiga AKP Kristiyastuti Handayani menambahkan, kegiatan silaturahmi serupa pun telah dihimbau dilaksanakan di tiap kepolisian sektor (polsek) di wilayah hukum Polres Salatiga. 

“Silaturahmi yang dijalin sejak dini ini tentunya sebagai upaya untuk menjaga kerukuran umat beragama. Diharapkan pula terciptanya sinergitas antara Polri dan masyarakat. Sehingga ketika ada gejolak di tengah-tengah aktivitas mereka, bisa diminimalisir atau diatasi bersama-sama,” ucap AKP Tyas (sapaan akrab AKP Kristiyastuti Handayani).

Dia menginformasikan, beberapa agenda silaturahmi yang telah dilaksanakan dalam beberapa hari terakhir ini di antaranya bersilaturahmi ke Ponpes Agro Nuur El-Falah Pulutan Kecamatan Sidorejo, Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah Grogol Kecamatan Sidomukti, Ponpes Hidayatul Mubtadi-ien Kalibening Kecamatan Tingkir.

Lalu, Ponpes Masyitoh Tingkir Lor Kecamatan Tingkir, Rois Syuriah NU Kota Salatiga KH Sonwasi Ridwan, hingga Pendeta Daniel Triyono (Pimpinan Gereja Pondok Hermon Indonesia Kutowinangun Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved