BTPN Kembangkan Produk BPTN Wow Bisa Layani Pinjaman

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) terus melakukan inovasi produknya yaitu BTPN Wow

BTPN Kembangkan Produk BPTN Wow Bisa Layani Pinjaman
KOMPAS.com/Bambang PJ
Susanti, salah seorang agen BTPN Wow! yang berada di Kecamatan Lawang Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) terus melakukan inovasi produknya yaitu BTPN Wow. Selain menabung, ke depannya nasabah juga bisa mengajukan pinjaman melalui BTPN Wow.

Product and Customer Experience Head BTPN, Achmad Nusjirwan Sugondo mengatakan, saat ini pengembangan pinjaman melalui BTPN Wow masih dalam proses uji coba sejak Februari 2017. Diharapkan, tahun depan sudah bisa terealisasi.

"Jumlah pinjaman nanti antara Rp 50 ribu sampai Rp 1 juta dengan masa pengembalian 1 bulan. Jadi bisa dibayar harian atau mingguan," kata Iwan, sapaannya, dalam gathering media di Star Hotel Semarang, Kamis (8/6/2017).

Rencananya, nasabah bisa mengajukan secara langsung melalui aplikasi BPTN Wow di handphone. Sehingga tidak perlu datang ke agen BTPN Wow maupun ke bank. Hanya saja, ia belum bersedia memaparkan lebih detil inovasi BTPN Wow tersebut karena masih proses uji coba.

"Dalam uji coba ini, kami terapkan di Semarang salah satunya," jelasnya.

Iwan memaparkan, sejak dilaunching pada Maret 2015, hingga kini jumlah agen BTPN Wow telah mencapai 178 ribu orang dengan 3,5 juta nasabah secara nasional.

Untuk mendongkrak jumlah agen dan nasabah, BTPN menggarap kalangan komunitas di berbagai wilayah. Terakhir, BTPN menjalin kerjasama dengan PBNU.

"Saat ini, baru 35-40 persen penduduk Indonesia berusia cukup yang punya rekening. Masih ada sekitar 80 juta orang belum berbank. Jadi potensi untuk tumbuh masih besar," paparnya.

Digarapnya kalangan komunitas, menurut Iwan, karena sifatnya lebih loyal dan aktif. Dari komunitas yang sudah digarap, anggotanya aktif menabung dan menggunakan tabungannya. Sehingga hal ini meningkatkan jumlah transaksi tabungan BTPN Wow.

"Dengan BTPN Wow ini, nasabah bisa menabung uang recehan. Ditopang adanya agen yang menjadi representatif bank. Sebagai implementasi Laku Pandai, agen BTPN Wow juga menjadi media promosi produk BTPN," terangnya.

Terkait pertumbuhan jumlah agen dan nasabah BTPN Wow di Jawa Tengah dan DIY, Iwan menyebutkan, telah ada 30.700 agen dengan 508.000 nasabah. Jumlah tersebut berdasarkan data per Mei 2017.

"Mayoritas agen BTPN Wow merupakan dari kalangan pekerja informal. Yang mana mereka memiliki waktu untuk menjalankan fungsinya sebagai agen. Bahkan nasabahnya pun dari kalangan pekerja informal seperti petani, buruh, pedagang, dan lainnya," tandasnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved