Tribun Campus

Rektor Undip: Tidak Ada Cerita Mahasiswa Undip Berhenti Kuliah Karena Soal Biaya

Kami akan menyediakan beasiswa yang namanya Undip Scholarship, nantinya kami tujukan kepada mahasiswa dari keluarga tidak mampu

Dhian Adi Putranto

Laporan wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Yos Johan Utama (54)  akan berkomitmen tidak ada mahasiswanya yang berhenti kuliah sebab tidak mampu membayar kuliah.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam acara berbuka bersama dengan para media di Gama Resto, Bangkong, Semarang Selatan, Jumat (09/06/2017).

"Kami akan menyediakan beasiswa yang namanya Undip Scholarship, nantinya kami tujukan kepada mahasiswa dari keluarga tidak mampu, di antaranya nelayan dan petani," Tuturnya

Ia menyampaikan dana beasiswa tersebut berasal dari pemanfaatan aset-aset yang dimiliki oleh Undip.

"Kita memanfaatkan training center, klinik, gedung dan aset lainnya sebagai sumber dana yang nantinya jadi sumber subsidi mahasiswa," ujarnya.

Ia juga menyampaikan Undip sedang mengalami penyusutan jumlah dosen. Penyusutan ini akibat dari banyak dosen Undip yang akan memasuki usia pensiun.

"Kami akan membuka perekrutan Dosen Tetap Non PNS ( DTNP) bagi masyarakat yang mampu menjadi dosen. Nantinya kami akan buat Nomer Induk Dosen Khusus. Tentunya syarat minimalnya sudah menempuh gelar doktor," ujarnya

Selain itu, Undip juga tengah mentargetkan sebanyak 40 sampai 50 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang akan lolos pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

"Tahun lalu kami mengirimkan sebanyak 180 proposal PKM. Sebanyak 40-50 tim yang kami targetkan lolos PIMNAS, 42 di antaranya hasilnya kami paten kan," ujarnya kepada para wartawan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved