Terkait Pembangunan Pasar Sapi, Pemkot Salatiga Segera Panggil PT PBI

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto telah menandatangi surat pemanggilan terhadap PT Patra Berkah Iqtomi (PBI) yang diajukan Dinas Perdagangan.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Wali Kota Salatiga, Yuliyanto telah menandatangi surat pemanggilan terhadap PT Patra Berkah Iqtomi (PBI) yang diajukan Dinas Perdagangan.

PT PBI merupakan investor proyek pembangunan Pasar Rejosari atau pasar sapi.

Pemanggilan itu berkaitan dengan permintaan Pemkot Salatiga terhadap PT PBI agar segera melengkapi berkas persayaratan yang telah ditentukan, satu di antaranya bank garansi investasi.

"Nilainya sekitar Rp 58 miliar," katanya pada Tribun Jateng, Senin (12/6/2017).

Dalam surat itu, ungkap Yuliyanto, Pemkot Salatiga juga meminta agar PT PBI pro aktif dalam pra pembangunan pasar sapi.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Muthoin mengatakan, meski sudah ada surat penjanjian kerja sama, namun karena ada peraturan baru, maka investor juga harus menyesuaikan dokumen persyaratannya.

"Peraturan baru itu adalah Permendagri Nomor 19 Tahun 2016, maka tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, harus dilengkapi lagi dokumen persyaratannya. Terlebih lagi beberapa tahun ini tidak ada progres pelaksanaan pembangunannya,” terang Muthoin.

Selain bank garansi sesuai nilai proyek investasi dalam proses perjanjian pun harus dilakukan di hadapan notaris.

Lalu pihak investor harus bisa menunjukkan amdal serta persyaratan administrasi lainnya untuk percepatan pembangunan pasar itu.

“Yang akan kami kaji bersama adalah terkait penyetoran dana awal sebelum pembangunan pasar itu untuk dimasukkan ke pendapatan asli daerah (PAD). Sebelumnya, setoran awalnya adalah Rp 300 juta. Tetapi karena ada aturan baru, harus dikaji ulang dan itu akan dilaksanakan bersama-sama,” ungkapnya.

Muthoin yakin, PT PBI akan mematuhi aturan baru tersebut. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved