Ramadan 2017

Ganjar Pranowo: Stok dan Harga Sembako Masih Stabil Jelang Lebaran

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan pantauan harga sembako menjelang Lebaran, Senin (13/6/2017) sore.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng/dok
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan pantauan harga sembako menjelang Lebaran, Senin (13/6/2017) sore.

Pantauan dipusatkan di Pasar Johar Relokasi dan Distributor Sembako di Jalan Dokter Cipto Semarang.

Dari hasil pantauan, diketahui harga komoditas pangan dan sembako sejauh ini masih terkendali, dengan harga yang stabil.

"Hasilnya masih stabil tidak perlu khawatir akan stok dan harga sembako dan beberapa komoditas pangan saat lebaran. Hanya bawang putih yang naik terus harganya," kata Ganjar, usai pantauan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga mengatakan, stabilnya harga komoditas pangan di Semarang tidak lepas dari peranan Bulog yang turut membantu pengendalian harga dengan menggelontor sejumlah komoditas.

"Bulog masih punya banyak stok seperti bawang putih dan lain lain. Dan Bulog pun menyatakan siap melakukan operasi pasar jika dibutuhkan," paparnya.

Untuk mengantisipasi terjadi penimbunan sembako, Pemprov Jateng telah membentuk satgas mafia pangan agar suplai dan keamanan bahan pangan di lapangan tetap terjaga. Sehingga, ia memastikan kebutuhan pangan saat Lebaran tetap aman.

"Satgas ini bertugas mengawasi suplai dan keamanan pangan, seperti makanan palsu yang sedang marak dan makanan kadaluarsa," jelasnya.

Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jateng, Rahmat Dwi Saputra menyatakan, pasokan pangan saat ini memang masih aman dan tidak terjadi lonjakan harga yang tinggi.

Ia memprediksi inflasi Jateng di bulan Juni ini tidak akan naik terlalu tinggi antara 0,7- 1 persen saja dari bulan Mei lalu yang mengalami inflasi 0,58 persen.

"Inflasi Juni pun tak banyak terpengaruh dari sektor pangan, melainkan didominasi dari tarif transportasi dan listrik," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved