Mengagetkan! Petugas KPPBC Kudus Sita Jutaan Batang Rokok Ilegal dari Sebuah Kandang Sapi

Diakui, itu merupakan hasil terbesar dalam satu kali penindakan, pada kurun waktu Januari - pertengahn Juni 2017

Mengagetkan! Petugas KPPBC Kudus Sita Jutaan Batang Rokok Ilegal dari Sebuah Kandang Sapi
istimewa
Petugas menunjukkan sebagian barang, dari ‎belasan juta batang rokok ilegal, hasil penindakan KPPBC Kudus. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus gencar melakukan razia, terhadap praktik peredaran rokok dan barang kena cukai ilegal.

Terbaru, petugas berhasil menyita jutaan batang rokok ilegal dari sebuah kandang sapi, di Desa Ngeling, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara.

‎"Kemarin, kami menggrebek sebuah kandang sapi, yang di sulap jadi tempat nyontong (proses pengemasan rokok curah menjadi bungkusan siap edar, red). Jadi, satu bangunan itu disekat menjadi dua, sebagian untuk kandang sapi, bagian lain untuk nyontong itu," kata Kepala KPPBC Kudus, Suryana, Jumat (16/6).

Disampaikan, penindakan ‎yang dilaksanakan pada Rabu (14/6) kemarin tersebut, petugas menemukan total 2.132.320 batang rokok ilegal jenis sigaret kretek mesin (SKM).

Diakui, itu merupakan hasil terbesar dalam satu kali penindakan, pada kurun waktu Januari - pertengahn Juni 2017.

"Jutaan batang rokok ilegal tersebut disita dari kandang sapi tempat nyontong tersebut, dan juga dari rumah pemiliknya, yang tak jauh dari kandang. Total perkiraan nilai barang mencapai Rp 2,133 miliar, sementara potensi kerugian negara sekitar Rp 804,893 juta," sambung dia.

Saking banyaknya barang bukti yang ‎ditemukan, menurut dia, petugas sempat kebingungan untuk mengangkutnya.

"Akhirnya, petugas menyewa satu unit truk," ujarnnya.

Ditambahkan, jutaan barang rokok ilegal itu akhirnya diangkut ke kantor KPPB Kudus menggunakan satu unit truk, satu unit mobil L300, satu unit mobil Suzuki APV, dan satu unit mobil pick-up.

Menurut dia, ini baru pertama kalinya petugas melakukan penggrebekan terhadap peredaran rook ilegal di sebuah kandang sapi.

"Ini kejadian baru, sebelumnya biasa tempat yang dijadikan lokasi nyontong, penimbunan rokok ilegal, atau aktifitas ilegal sejenis lainnya adalah bangunan semisal ruko atau tempat tinggal," tutur Suryana.‎‎ (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved