Breaking News:

Ramadan 2017

Meski Telah Digelar Operasi Pasar Harga Bawang Putih Masih Tinggi

Bawang putih jenis kating masih dijual dengan harga tinggi oleh pedagang. Padahal sebelumnya, Sabtu (17/6/2017), telah digelar operasi pasar untuk men

TRIBUNJATENG/RIFQI GOZALI
Bawang putih jenis kating masih dijual dengan harga tinggi oleh pedagang. Padahal sebelumnya, Sabtu (17/6/2017), telah digelar operasi pasar untuk menstabilkan harga. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bawang putih jenis kating masih dijual dengan harga tinggi oleh pedagang. Padahal sebelumnya, Sabtu (17/6/2017), telah digelar operasi pasar untuk menstabilkan harga.

Endang (40), pedagang di Pasar Johar Relokasi mengaku masih menjual bawang kating dengan harga Rp 80 ribu. Karena ia tak mau merugi, saat kulakan bawang itu sudah tinggi harganya.

"Lha ini bawang kating stok lama. Saya ngambilnya dari distributor dengan harga tinggi masak mau jual murah," kata Endang saat ditemui Tribun Jateng di kiosnya di Pasar Johar Relokasi, Minggu (18/6/2019).

Meski begitu, dia juga menjual bawang kating dengan harga Rp 37 ribu.

"Yang kating harga Rp 37 ribu, saya dapat barangnya dari operasi pasar kemarin," kata dia.

Dirinya menuturkan, pembeli yang lebih memilih bawang kating dengan harga Rp 80 ribu bisa dikatakan tidak sedikit.

Sejumlah pedagang saat berjubel antre untuk mendapatkan bawang putih jenis kating pada operasi pasar di Pasar Johar Relokasi, Sabtu (17/6/2017).
Sejumlah pedagang saat berjubel antre untuk mendapatkan bawang putih jenis kating pada operasi pasar di Pasar Johar Relokasi, Sabtu (17/6/2017). (Tribun Jateng/Rifqi Gozali)

"Biasanya para pengusaha katering lebih memilih yang harga Rp 80 ribu. Kata mereka sih lebih sedap, karena kadar airnya lebih rendah," ujar Endang.

Narti (52), pedagang lainnya, mengaku tak mau turunkan harga bawang.

"Lha kami ambilnya dari distributor dengan harga tinggi ya kami jualnya tinggi. Masak dijual rendah, ya rugi," katanya.

Narti menjelaskan, dirinya juga menjual bawang kating yang didapat dari operasi pasar dengan harga Rp 37 ribu. "Kalau yang dari operasi pasar ya kami jual rendah. Jadi kami jualnya sesuai dengan ngambilnya," kata dia. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved