Ramadan 2017

Pagoda Ini Bagikan 500 Bingkisan Lebaran untuk Kaum Muslim

Toleransi antar umat beragama terlihat saat Vihara Buddhagaya memberikan bingkisan lebaran kepada para muslim kurang mampu dan penyapu jalanan, Minggu

Penulis: rival al manaf | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF
BINGKISAN LEBARAN - Penerima bingkisan lebaran melintas di depan Pagoda Avalokitesvara kompleks Vihara Buddhagaya, Semarang, Minggu (18/6/2017). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Toleransi antar umat beragama terlihat saat Vihara Buddhagaya memberikan bingkisan lebaran kepada para muslim kurang mampu dan penyapu jalanan, Minggu (18/6/2017).

500 bingkisan yang berisi sembako, kue, hingga kain batik itu dibagikan di tempat ibadah umat Buddha di Pudakpayung, Semarang. Raut wajah mereka para penerima bingkisan tampak bahagia saat berjalan keluar dan menenteng bingkisan merah.

Ketua Yayasan Vihara Buddhagaya, Halim Wijaya menjelaskan kegiatan ini memang sudah rutin diselenggarakan dan ini merupakan tahun ke sembilan pelaksanaannya.

"Kami tergugah saat melihat saudara lebaran tapi justru bersedih karena kondisi ekonomi pas-pasan, kami coba mengetuk hati para pengusaha untuk terselenggaranya kegiatan ini," jelas Halim.

BINGKISAN LEBARAN - Penerima bingkisan lebaran melintas di depan Pagoda Avalokitesvara kompleks Vihara Buddhagaya, Semarang, Minggu (18/6/2017).
BINGKISAN LEBARAN - Penerima bingkisan lebaran melintas di depan Pagoda Avalokitesvara kompleks Vihara Buddhagaya, Semarang, Minggu (18/6/2017). (TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF)

Ia menuturkan, 250 orang penerima bingkisan adalah penyapu jalanan dan sisanya merupakan warga sekita Vihara yang kurang mampu.

"Untuk menentukannya kami kerjasama dengan bagian Dinas Kebersihan mereka yang menentukan mana yang layak menerima, ketua RT dan RW sekitar Vihara yang juga melihat warganya yang kira-kira pantas menerima," bebernya.

Ia sangat realistis bahwa tidak semuanya yang menerima adalah golongan miskin. Namun, ia optimis mayoritas penerima tepat sasaran.

"Kami tadi juga menyampaikan ke penerima, NKRI itu dibangun dari berbagai golongan, meski berbeda kita semua saudara, alangkah lebih baik jika saling membantu, maka negara ini juga akan damai," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved