PPDB Online

Ombudsman Siap Telusuri Kinerja Pegawai Kelurahan dan Kecamatan yang Mengeluarkan SKTM Palsu

Ombudsman akan menelusuri kinerja aparat kelurahan dan kecamatan yang menerbitkan SKTM palsu untuk pendaftaran PPDB online.

Ombudsman Siap Telusuri Kinerja Pegawai Kelurahan dan Kecamatan yang Mengeluarkan SKTM Palsu
tribunjateng/hermawan endra
Persiapan PPDB Online di Jateng 2017 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Ombudsman akan menelusuri kinerja aparat kelurahan dan kecamatan yang menerbitkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diperoleh calon siswa baru yang diduga curang dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA dan SMK online di Jawa Tengah.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah, Sabarudin Hulu (35), mengatakan, ada lurah dan camat yang tak memverifikasi layak terima atau tidak warga yang mengajukan SKTM. Itu sebabnya, evaluasi terkait pelaksanaan PPDB online di Jawa Tengah juga perlu segera dilakukan.

“Beberapa hari ini kami melihat perlunya evaluasi penyelenggaraan PPDB 2017-2018 di Provinsi Jawa Tengah. Karena, beberapa peraturan tidak tersosialisasikan juga kepada masyarakat dan satuan pendidikan,” ungkapnya dalam acara buka puasa bersama di Kantor Ombudsman RI perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017).

Sabarudin mengatakan, pihaknya menerima pengaduan terkait dugaan penyimpangan prosedur dalam PPDB online tersebut.

“Dugaan di antaranya, dari satuan pendidikan yang masih menerima SKTM dari calon peserta didik yang sebenarnya tak berhak atas SKTM tersebut. Kemudian, ada juga sektor pendidikan yang tidak mengakomodir hak-hak dari calon perseta didik,” ujar Sabarudin.

Sesuai Permendikbud dan Pergub Nomor 9 tahun 2017, calon peserta didik baru yang terbukti melakukan atau memberikan data palsu terkait PPDB akan dikeluarkan dari sekolah. Selain sanksi tersebut, ada pula sanksi pidana, terutama jika pihak lain yang merasa dirugikan membawa kasus itu ke ranah hukum. (*)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved