Jateng Travel Guide

Aksi Barongsai Meriahkan Libur Lebaran di Sam Poo Kong Semarang

Aksi barongsai hibur warga yang berkunjung ke Sam Poo Kong di har Lebaran, Minggu (25/6/2017). Pertunjukan itu pun mengundang decak kagum mereka.

Aksi Barongsai Meriahkan Libur Lebaran di Sam Poo Kong Semarang
tribun jateng/firna larasanti
Atraksi Barongsai dari Naca Dharma Semarang di tempat wisata Sam Poo Kong, Minggu (25/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Firna Larasanti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Aksi barongsai hibur warga yang berkunjung ke Sam Poo Kong di har Lebaran, Minggu (25/6/2017). Pertunjukan itu pun mengundang decak kagum mereka.

"Kami sengaja datang ke sini melihat barongsai. Di hari biasa kadang ada tapi tidak sempat menonton karena kera. Anak saya yang paling kecil yang paling antusias ingin melihat barongsai," ucap Daniel (40), warga Semarang, Minggu.

Senada diungkapkan Linda (40). Pengunjung dari Jakarta yang sedang mudik ke Semarang ini berwisata ke Sam Poo Kong karena ingin melihat perubahan kelenteng tersebut. Juga, melihat festival kesenian yang digelar pihak kelenteng.

"Sejak merantau dan tinggal di Jakarta, belum pernah ke sini. Dulu, terakhir kali saya kesini, Sam Poo Kong belum sebagus ini. Selain itu, belum ada festival kesenian seperti barongsai. Berhubung sedang mudik ke rumah saudara di Manyaran, sekalian mampir di Sam Poo Kong bersama keluarga besar," kata Linda.

Pantauan tribunjateng.com, banyak pengunjung yang melakukan foto bersama di area plasa utama. Di plasa ini terdapat patung Laksamana Ceng Ho setinggi 10,7 meter.

Sebagian pengunjung lain memilih memasuki bangunan kelenteng yang digunakan berdoa.

Pengunjung yang tetap ingin masuk ke bangunan ini dikenai biaya tambahan, dewasa Rp 20.000 sedangkan anak-anak Rp 15.000 saat libur Lebaran ini.

Seorang petugas parkir mengatakan, pengunjung mulai ramai memadati Sam Poo Kong setelah salat Id. Dia memprediksi, hari ini (Senin) puncak kunjungan wisatawan di libur Lebaran.

Menurutnya, pengunjung yang datang didominasi wisatawan dari luar Kota Semarang, bahkan mancanegara.

Untuk meningkatkan kenyaman pengunjung, selama libur Lebaran, terdapat posko kesehatan dan stan kuliner di kawasan Sam Poo Kong. Selain itu, juga disediakan musala bagi Muslim. (*)

Penulis: Firna Larasanti
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved