Jateng Travel Guide

Ingin Tahu Cara Memetik dan Mengolah Kopi? Liburan ke Kampung Kopi Banaran Bisa Menjadi Pilihan

Masih bingung mau berlibur kemana Lebaran ini? Mengunjungi Wisata Agro Kampoeng Kopi Banaran (KKB)bisa menjadi pilihan.

Ingin Tahu Cara Memetik dan Mengolah Kopi? Liburan ke Kampung Kopi Banaran Bisa Menjadi Pilihan
tribun jateng/deni setiawan
Petugas Wisata Agro Kampoeng Kopi Banaran (KKB) sedang menjelaskan tentang kopi robusta kepada wisatawan, Jumat (23/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Masih bingung mau berlibur kemana Lebaran ini? Mengunjungi Wisata Agro Kampoeng Kopi Banaran (KKB) yang terletak di Jalan Raya Bawen-Solo Km 1,5 Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, bisa menjadi pilihan.

Tak sekadar menikmati kuliner dan wahana permainan yang ada, Anda bisa mencoba wisata memetik kopi di kebun kopi yang terhampar di lahan seluas sekitar 40 hektar.

"Kebetulan, di musim libur Lebaran ini, kami sedang panen. Jadi, mayoritas buah kopi sudah berwarna merah atau siap petik," kata Asisten Manager Marketing dan IT KKB Dicky Pramudito kepada tribunjateng.com, Jumat (23/6/2017).

Tak hanya berkesempatan memetik langsung buah kopi, wisatawan bakal diedukasi terkait kopi. Mulai dari penanaman, panen, proses produksi, hingga siap saji. Di KKB, kopi yang ditanam merupakan jenis robusta.

"Jika mau berkeliling kebun kopi dan melihat aktivitas pemetikan, kami sediakan kereta wisata. Cukup bayar Rp 75 ribu untuk satu kereta wisata berkapasitas paling banyak 6 orang. Tiket tersebut sudah termasuk tour guide saat berkeliling kebun dalam durasi 30-45 menit," ungkapnya.

Saat berkeliling kebun kopi, wisata bisa berhenti di beberapa titik yang disediakan. Selain mengabadikan dalam bentuk foto, bisa juga berbincang dengan para pemetik kopi yang tengah memanen.

"Selain melihat aktivitas petik kopi, kami juga menyediakan wahana baru yang bisa dicoba saat libur Lebaran. Wahana itu adalah BMX Track atau wahana bersepeda di jalur bergelombang. Lalu, ada dua titik top selfie sangkar burung, yang merupakan spot swafoto berlatar pemandangan pegunungan serta Rawapening," tambah Dicky.

Ada 20 wahana yang bisa dijajal saat berkunjung ke KKB. Dicky menjamin, wahana tersebut telah mengantongi standar keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved