Breaking News:

10 Tahun Tak Naik, Dana Bantuan Parpol Diusulkan Meningkat Tahun Depan. Ini Besarannya

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut, kenaikan dana bantuan untuk partai politik akan diusahakan dibahas dalam RAPBN 2017.

Tribun Jateng/M Nur Huda
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Parlemen Modern, di gedung Gradhika komplek Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Kamis (11/02/2016). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut, dana bantuan untuk partai politik tidak mengalami kenaikan selama 10 tahun terakhir.

Tahun ini, akan diusahakan dibahas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017 agar meningkat. Adapun besaran dana bantuan untuk parpol, yakni Rp 108 untuk setiap suara yang diperoleh dalam pemilu.

"Sudah 10 tahun dana bantuan parpol tidak naik jadi diusahakan naik dan dibahas di RAPBN 2017," kata Tjahjo di Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2017).

Tjahjo mengatakan, nantinya dana yang diberikan tetap sesuai perolehan suara yang diraih. Adapun yang sudah mendapat persetujuan Kementerian Keuangan, yakni sebesar Rp 1000 per suara.

Misalnya, kata Tjahjo, parpol yang memperoleh 1.000 suara akan mendapat bantuan dana sebesar Rp 1 miliar.

"Tapi, dalam pemilu lima tahun berikutnya bisa saja hanya mendapat Rp 10 juta. Tergantung perolehan jumlah suara," kata dia.

Sementara, Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri, Soedarmo mengatakan, agar rencana itu terealisasi, perlu ditindaklanjuti dengan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur hal tersebut.

Saat ini, perizinan agar PP bisa diubah tengah diurus.

"Kami saat ini sedang mengajukan izin untuk memprakarsai revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang bantuan keuangan kepada parpol," Kata Soedarmo.

Setelah izin diperoleh, Lanjut Soedarmo, barulah revisi PP dapat dilakukan. (Kompas.com)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com, Senin (3/7/2017), dengan judul: Dana Bantuan Partai Politik Berpotensi Naik Tahun Depan

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved