Agustus, 213 Calon Haji Salatiga Siap Berangkat ke Tanah Suci

Ada 213 jamaah calon haji Salatiga siap diberangkatkan ke tanah suci, tahun ini.

Agustus, 213 Calon Haji Salatiga Siap Berangkat ke Tanah Suci
Istimewa/dok Humas Pemkot Salatiga
Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris membuka pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Salatiga Tahun 2017 di Laras Asri Resort and Spa Salatiga, Selasa (4/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Ada 213 jamaah calon haji Salatiga siap diberangkatkan ke tanah suci, tahun ini. Selasa (4/7/2017), mereka menerima bimbingan manasik haji dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga di Ballroom Grand Merapi Laras Asri Hotel and Spa.

“Dilihat dari jumlah, yang berangkat tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya karena terkait kouta haji yang tersedia di tingkat Jawa Tengah. Tahun lalu, yang berangkat mencapai 237 orang,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Salatiga, M Soleh Mubin.

Rencananya, calon haji tersebut berangkat Agustus 2017 mendatang. Mereka bakal dibagi menjadi dua klompok terbang (kloter), yakni 74 dan 75, melalui Embarkasi Haji Donohudan Solo.

“Di Kloter 74, para jamaah calon haji akan bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Demak. Lalu, Kloter 75, bersama jamaah dari Kabupaten Kendal. Untuk waktu serta teknis pembagiannya, masih kami koordinasikan,” terangnya.

Dalam pembukaan bimbingan manasik haji tingkat Kota Salatiga, Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris berpesan agar jamaah calon haji memantapkan diri dan mempersiapkan seluruh kebutuhan selama berhaji.

“Yang terpenting, nilai takwa atau hal terkait spiritual. Jangan justru lebih mengedepankan persiapan material,” ucapnya.

Haris mencontohkan, ada jamaah calon haji malah ribet mempersiapkan sambal pecel, kering tempe, atau makanan lain. Mereka sibuk mempersiapkan bekal karena khawatir tak cocok dengan menu masakan di sana.

“Itu tidak salah tetapi alangkah baiknya, fokus utama persiapan bukan itu. Kami berharap, tahun ini, penyelenggaraan dan peserta haji tahun ini lebih baik dari pada sebelumnya,” ungkapnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved