Breaking News:

Sudah 827 Kapal yang Diverifikasi UPP Juwana

Edi Sukisno, Kepala UPP Juwana mengatakan, hal itu dikarenakan minimnya tenaga ahli ukur kapal yang bertugas memverifikasi

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Sejumlah kapal nelayan bersandar di Pelabuhan Juwana, Pati, Jumat (14/7/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebanyak 827 kapal telah diverifikasi oleh Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Juwana, Pati. Sedangkan, masih ada sekitar 200 kapal yang masih diverifikasi.

Edi Sukisno, Kepala UPP Juwana mengatakan, hal itu dikarenakan minimnya tenaga ahli ukur kapal yang bertugas memverifikasi. 

Verifikasi tersebut merupakan syarat agar kapal mendapatkan surat persetujuan berlayar (SPB).

“Di sini ada sekitar 1000 kapal. Kami sudah berusaha maksimal untuk melakukan verifikasi kapal,” kata Edi Sukisno, Jumat (14/7/2017).

Menurutnya, pihaknya tidak bisa mengeluarkan SPB jika pemilik kapal masih belum mengurus grosse akta kapal sebagai bukti kepemilikan. Selain itu, jika ditemukan kapal yang tidak sesuai dengan kondisi ukuran terakhir, pihaknya tidak akan mengeluarkan SPB.”Hanya saja kami akan berikan surat ukur sementara,” kata dia.

Menurutnya, pengukuran kapal bisa dilakukan jika terjadi perombakan tata ruang kapal. “Selain itu juga harus ada permohonan dari pemilik kapal,” jelas Edi.

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan untuk lebih memberikan pengawasan pada sistem lalulintas laut. Tidak menutup kemungkinan, kapal-kapal yang berlayar tidak sesuai antara gross tonase yang tertulis di surat ukur dengan kondisi nyata pada kapal. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved