KA Krakatau Berganti Nama Jadi KA Singasari, Ini Rute Barunya

Mulai 17 Juli 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan perubahan nama dan rute KA Krakatau jurusan Merak- Blitar.

KA Krakatau Berganti Nama Jadi KA Singasari, Ini Rute Barunya
Tribun Jakarta/Jeprima
KA Krakatau. Mulai 17 Juli 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan perubahan nama dan rute KA Krakatau jurusan Merak- Blitar. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Mulai 17 Juli 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan perubahan nama dan rute KA Krakatau jurusan Merak- Blitar.

KA Krakatau berubah nama menjadi KA Singasari jurusan Pasarsenen- Purwokerto- Kutoarjo-Blitar. Artinya, PT KAI juga memperpendek rute hanya sampai Pasarsenen, tidak sampai Merak.

Manajer Humas PT KAI Daop 5, Ixfan Hendriwintoko, menyatakan kebijakan itu dilakukan untuk mengefisienkan rute dan okupansi penumpang KA di jalur tersebut.

"Satu faktor perubahan nama dan rute KA Krakatau menjadi KA Singasari yakni okupansi penumpang KA Krakatau untuk rute Tanahabang- Rangkasbitung- Merak maupun sebaliknya rata-rata di bawah 30 persen," kata Ixfan dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Minggu (16/7/2017).

Ia menambahkan, kurangnya okupansi itu terjadi karena masyarakat di wilayah tersebut yang biasa menggunakan KA Krakatau menuju Jakarta bisa menggunakan KA lokal dari Merak menuju Rangkasbitung.

"Di rute itu (Merak- Rangkasbitung) ada enam perjalanan kereta api pulang pergi, artinya ada 12 perjalanan KA di rute itu. Untuk menuju Tanahabang, tinggal dilanjutkan menggunakan KRL ada sebanyak 18 KA PP (36 perjalanan)," jelasnya.

Selain itu, masyarakat di wilayah Banten lebih memilih KA lokal dan KRL menuju Jakarta dan sebaliknya lantaran tarifnya lebih murah dibanding jika menggunakan KA Krakatau.

Tarif KA lokal dari Merak ke Rangkasbitung hanya Rp 3.000. Dan tarif KRL dari Rangkasbitung ke Tanahabang sekitar Rp 8.000. Sedangkan KA Krakatau tarifnya Rp 50.000.

Meskipun terjadi perubahan pada nama kereta api dan rutenya, namun fasilitas kereta tersebut tetap sama.

Untuk jadwal keberangkatan, KA Singasari dari Pasarsenen pukul 12.25 WIB. Tiba di Stasiun Purwokerto pukul 18.04 WIB.

Sementara, untuk pemberangkatan dari Stasiun Purwokerto pukul 18.18 WIB, kemudian tiba di stasiun Kutoarjo pukul 20.21 WIB. Berangkat kembali dari Stasiun Kutoarjo pukul 20.25 WIB.

"Selanjutnya tiba di Stasiun Blitar pukul 03.20 WIB. Sebaliknya, dari Stasiun Blitar pukul 06.40 WIB, dan tiba di Stasiun Kutoarjo pukul 13.47 WIB," jelas Ixfan.

Kemudian, berangkat dari Stasiun Kutoarjo pukul 13.55 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pukul 16.24 WIB.

Berangkat kembali dari Stasiun Purwokerto pukul 16.36 WIB terus tiba di stasiun akhir Pasarsenen pukul 22.33 WIB. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved