Breaking News:

Wow, Perputaran Uang di Tiga Wilayah Pantura Jateng Ini Capai Rp 400 Miliar per Bulan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal mencatatkan potensi ekonomi di wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Pekalongan (Petanglong) tinggi

Penulis: raka f pujangga | Editor: bakti buwono budiasto
TRIBUN JATENG/ RAKA F PUJANGGA
Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, meresmikan kantor kas titipan di Pekalongan, Rabu (19/7/2017 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal mencatatkan potensi ekonomi di wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Pekalongan (Petanglong) sangat tinggi.

Hal itu nampak dari perputaran uang kartal di wilayah Petanglong yang tembus hingga Rp 400 miliar per bulan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Joni Marsius mengatakan, perputaran uang tersebut karena tumbuhnya kegiatan ekonomi di sana.

Kemudian pascalebaran ini yang terjadi karena banyak nasabah perbankan memasukkan uang tunainya ke bank.

"Sekarang ini sudah arus balik mudik, jadi banyak orang yang bukan menarik uang tunai lagi tetapi memasukkannya ke bank. Sehingga uang tunai bank mengalami peningkatan," jelas dia, Rabu (19/7/2017).

Menurunya, perputaran uang kartal yang mencapai ratusan miliar itu meningkat beberapa kali lipat dibandingkan kondisi normal.

"Perputaran uang sampai ratusan miliar itu tidak normal. Karena kondisi normal paling hanya puluhan miliar saja," ujar dia.

Joni menambahkan, wilayah Petanglong tersebut berkontribusi sekitar 30 persen dari perputaran uang wilayah Pantura dari Kabupaten Brebes hingga Batang yang mencapai Rp 1,1 triliun per bulan.

"Jumlah itu berdasarkan perputaran uang yang ada di 28 bank. Keberadaan kas titipan ini tentu akan membantu bank dalam menjaga cash ratio (rasio kas-red)," jelas dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved