GEGER Penemuan Fosil Gajah Stegodon Sebesar Rumah di Grobogan segera Mendunia

Temuan fosil gajah purba raksasa di Dusun Kuwojo, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan bikin geger dunia

GEGER Penemuan Fosil Gajah Stegodon Sebesar Rumah di Grobogan segera Mendunia
tribunjateng/tribunjogja
Temuan fosil gajah purba raksasa di Dusun Kuwojo, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan bikin geger dunia 

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Temuan fosil gajah purba di Dusun Kuwojo, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan dinilai sangat menarik mengingat sejumlah aspek sejarah fauna purba di Jawa. Penyelamatan fosil dan situs di Banjarejo pun dilakukan serius dan kilat.

"Kita langsung bentuk tim penyelamatan, dan bergerak secepatnya mengingat penting dan langkanya temuan ini," kata Kepala Badan Pelestari Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMP) Sukronedi kepada Tribun di Banjarejo pekan lalu.

Dianggap langka karena indikasi awal temuan fosil itu cukup lengkap menyangkut satu individu gajah purba jenis Stegodon Trigonocepalus. Ini juga bisa dibilang temuan utuh pertama di Indonesia, sesudah temuan fosil lengkap Elephas di Blora beberapa tahun lalu.

Dilihat dari ukuran tulang dan gadingnya yang diperkirakan mencapai 4 meter, postur fisik Stegodon ini tergolong raksasa. Beratnya bisa mencapai 12 ton dengan panjang badan sekitar 8 meter.

"Tingginya bisa mencapai empat setengah meter. Mungkin setinggi atap rumah umumnya, jika gadingnya saja sepanjang itu," tambah Sukronedi dalam perbincangan di pendopo Kabupaten Grobogan sebelum bertemu Bupati Sri Sumarni pekan lalu.

Fosil gading Stegodon sepanjang empat meter juga pernah ditemukan di situs Sangiran, Sragen, beberapa tahun lalu. Namun tak ada fosil organ tubuh lain yang menyertai temuan itu.

Gajah Blora

Beberapa tahun lalu, tepatnya 18 Maret 2009, juga ditemukan fosil gajah purba, Elephas Hydrindicus, cukup lengkap di teras Bengawan Solo, Sungun, Blora. Fosil itu diekskavasi dan berhasil direkonstruksi tim Museum Geologi Bandung.

==================================
* Temuan fosil purba di Banjarejo Grobogan menarik perhatian dunia.
* Sudah ribuan fragmen fosil fauna darat dan air ditemukan dalam beberapa tahun terakhir.
* Penjualan fosil purba di pasar gelap masih marak.
==================================

Elephas Hydrindicus diyakini nenek moyang Elephas Maximus Sumatranus, gajah Sumatera sekarang ini. Di beberapa lokasi lain seperti situs Patiayam, Jekulo, Kudus, ada temuan fosil Stegodon, namun hanya beberapa bagian saja.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved