Mahasiswi Belanda Ini Penasaran Cara Bikin Alkohol dari Nanas dan Belimbing

Mahasiswi asal Negara Belanda itu tinggal di Indonesia sejak dua bulan lalu, dan kini di asrama Unika Soegijapranata.

Mahasiswi Belanda Ini Penasaran Cara Bikin Alkohol dari Nanas dan Belimbing
TRIBUN JATENG/ALEXANDER DEVANDA WISNU
Rosemarijn Scheepens melakukan uji fermentasi buah-buah lokal di Lab Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata, Sabtu (22/7/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rosemarijn Scheepens (24) terlihat serius saat belajar uji fermentasi buah-buah lokal asal Indonesia di Laboratorium Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Soegijapranata, Sabtu (22/7/2017).

Mahasiswi asal Negara Belanda itu tinggal di Indonesia sejak dua bulan lalu, dan kini di asrama Unika Soegijapranata. Rencananya Roos akan kembali ke Negara Belanda pada akhir Juli.

Roos merupakan mahasiswi asal HAS University of Netherland mengatakan lebih menyukai alkohol dan wine. Menurutnya ia penasaran dalam proses pembuatannya dan telah melakukan eksperimen fermentasi dengan menggunakan buah-buahan lokal Indonesia yaitu nanas, belimbing dan timun.

"Saya menyukai alkohol dan wine. Saya penasaran proses pembuatannya. Di sini telah melakukan beberapa experimen fermentasi dengan menggunakan buah nanas, belimbing dan timun" ujarnya.

Roos mengetahui Unika berdasarkan informasi yang diberikan oleh temannya yaitu Carlijn yang telah terlebih dahulu ke Indonesia. Ia tertarik pergi ke Unika dikarenakan terdapat uji fermentasi di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP).

"Saya memilih Unika karena mendapatkan informasi dari teman yang telah ke Unika terlebih dahulu. Saya tertarik dengan uji fermentasinya," ungkapnya.

Selama di Indonesia ia tidak merasa kesulitan karena menurutnya orang Indonesia sangat ramah dan banyak membantu, berbeda dengan orang Belanda yang individualis. "Selama di Indonesia saya tidak kesulitan, Saya banyak dibantu dan ramah terhadap saya" tuturnya.

Setelah menyelesaikan kegiatan di Indonesia, ia akan kembali ke Belanda untuk meneruskan studinya.

Kepala Humas Universitas Katolik Soegijapranata, Yuwono Agus, mengapresiasi kedatangan mahasiswi Belanda tersebut. Menurutnya Unika merupakan universitas yang cocok untuk belajar dalam hal teknologi pangan karena memiliki laboratorium dan alat-alat yang lengkap.

"Saya mengapresiasi kedatangan Roos Scheepens ke Unika. Menurut saya ketertarikan ia ke Unika karena di sini memiliki lab Fakultas Teknologi Pangan yang bagus dan memiliki alat-alat yang lengkap," kata Agus. (tribunjateng.com/cetak)

Penulis: Alexander Devanda Wisnu P
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved