Liputan Khusus

Bule Perancis Pun Terpikat Pentas Ngesti Pandowo

Di antara kerumunan ratusan orang yang malam itu menyaksikan pementasan WO Ngesti Pandawa, terdapat tujuh mahasiswa asal Perancis.

Bule Perancis Pun Terpikat Pentas Ngesti Pandowo
Tribun Jateng/M Syofri Kurniawan
Empat mahasiswi asal Perancis ikut berpentas di Wayang Orang Ngesti Pandowo, Jumat (8/8/2015) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG  - Lebih dari 300 orang menyesaki Gedung Ki Narto Sabdo, komplek Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang, Sabtu (22/7) malam lalu.

Sekitar pukul 20.30, ratusan pasang mata menatap lekat-lekat ke arah panggung pentas Wayang Orang (WO) Ngesti Pandowo.

Di atas panggung, Anjani, nama tokoh perempuan yang dalam cerita pewayangan Subali dan Sugriwa, menari dengan anggun, penuh penghayatan. Seluruh geraknya begitu tertata, endapan dari olah latih yang serius.

‎Di antara kerumunan ratusan orang yang malam itu menyaksikan pementasan WO Ngesti Pandowo, terdapat tujuh mahasiswa asal Perancis.

Ketujuh bule itu sengaja menonton pementasan Subali-Sugriwa, dalam rangkaian perayaan HUT ke-80 Ngesti Pandowo, atas ajakan Nani Maharani.

"Sengaja saya mengajak mereka (mahasiswa Perancis-Red) ke sini untuk mengenalkan kesenian tradisional wayang orang. Mereka adalah mahasiswa dari Prof Edi Dharmana," kata Nani, yang juga merupakan dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Yah, berbagai upaya terus dilakukan pegiat seni di Kota Semarang untuk membantu Wayang Orang (WO) Ngesti Pandowo mempertahankan eksistensinya di tengah gerusan perkembangan zaman.

Seperti diketahui, Prof Edi Dharmana, Guru Besar Fakultas Kedokteran Undip Semarang, merupakan satu pegiat seni di kota ini, terutama wayang orang, sekaligus Penasihat Yayasan WO Ngesti Pandowo.

Nani menuturkan, ketujuh mahasiswa asal benua biru itu sangat antusias melihat pagelaran wayang orang.

Gerak dan tari-tarian, hingga kostum yang ditampilkan di atas panggung dinilai begitu eksotis.

Halaman
123
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved