Dinas Lingkungan Hidup Salatiga Menargetkan Ada 50 Bank Sampah, Hingga Akhir Tahun 2017

Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga mendorong warga membentuk bank sampah di lingkungan tempat tinggal.

Dinas Lingkungan Hidup Salatiga Menargetkan Ada 50 Bank Sampah, Hingga Akhir Tahun 2017
Nolanville
Ilustrasi pemilahan sampah 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga mendorong warga membentuk bank sampah di lingkungan tempat tinggal. Selain mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) menjaga Adipura, kebiasaan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga untuk berperilaku hidup bersih.

"Kami bersyukur, kesadaran dan kepedulian warga menjaga lingkungan tetap bersih dan mengelola sampah lewat bank sampah meningkat. Ini terlihat dari data, sejak 2016 hingga 2017, sudah ada 46 bank sampah di empat kecamatan," kata Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga, BPH Pramusinta, Senin (7/8/2017).

"Kami menargetkan, sampai akhir tahun ini bisa mencapai 50 bank sampah," imbuhnya.

Dijelaskannya, bank sampah merupakan program melibatkan masyarakat dalam mengelola sampah. Semakin banyak bank sampah yang terbentuk, diharapkan sampah yang berserakan di tepi jalan dan sungai berkurang. Begitu juga, jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngronggo.

"Lewat kegiatan ini, warga jadi tahu dan siap mengelola sampah. Semisal, limbah rumah tangga apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan. Ketika bisa diolah, kesejahteraan mereka pun bisa meningkat," kata dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Prasetyo Ichtiarto menambahkan, terbentuknya bank sampah dapat mengurangi beban TPA Ngronggo.

"Dari data, jumlah sampah yang masuk TPA Ngronggo mencapai 80 ton per hari. Bank sampah bisa mengurangi potensi TPA cepat overload," ujarnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved