Bupati Musthofa Berharap Kopi Muria Menyejahterakan Warga Lewat Produk dan Wisata

Bupati Kudus Mustofa berharap, kopi robusta Pegunungan Muria produksi petani di Kudus bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan warga.

Bupati Musthofa Berharap Kopi Muria Menyejahterakan Warga Lewat Produk dan Wisata
Istimewa
Bupati Kudus Mosthofa menunjukkan kopi robusta siap panen hasil pertanian Pegunungan Muria, Selasa (8/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Petani dan ratusan masyarakat di Pegunungan Muria, tepatnya di Colo, Kecamatan Dawe, menggelar tradisi Wiwit Kopi, Selasa (8/8/2017). Kegiatan tersebut merupakan ungkapan syukur petani atas hasil kopi yang siap dipanen.

Kegiatan itu juga dihadiri anggota Paguyuban Masyarakat Pelindung Hutan (PMPH), Bupati Kudus Musthofa dan Ketua DPRD Mas'an. Juga, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam acara tersebut, masyarakat dan pejabat yang datang berbaru menjadi satu. Bersama, mereka menikmati nasi "kepungan" sebagai wujud syukur atas hasil panen yang diterima.

Dalam sambutannya, Bupati Musthofa berharap, hasil panen kopi Pegunungan Muria dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan warga. Musthofa pun meminta dinas terkait dan masyarakat proaktif mengoptimalkan produksi. Mulai dari proses tanam, panen, hingga pengemasan dan pemasaran.

"Pemerintah wajib hadir memfasilitasi upaya optimalisasi hasil panen kopi ini," kata Musthofa dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com.

Ada tiga OPD yang diminta memfasilitasi. Yakni Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Dinas Perdagangan. Ketiganya memiliki peran secara teknis mengoptimalkan hasil pertanian dan wisata.

"Termasuk, objek-objek wisata produktif hasil yang bisa diberdayakan. Apalagi, kopi robusta di Muria ini selain potensi pertanian juga sebagai wisata alam," ujarnya.(*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved