Gula Petani Tebu Tidak Laku, 30 Petani se-Jawa Geruduk Kemendag, Minta Ini

M Nur Habsyin, Sekjen Andalan petani Tebu Republik Indonesia (APTRI) mengatakan tidak lakunya gula tani karena pedagang enggan membeli gula petani

Gula Petani Tebu Tidak Laku, 30 Petani se-Jawa Geruduk Kemendag, Minta Ini
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI/IST
Pertemuan perwakilan petani tebu dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri di Kantor Kemendag, Selasa (8/8/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Sebanyak 30 petani dari berbagai daerah di Jateng, Jabar, Jatim, dan DI Yogyakarta mendatangi Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Selasa (8/8/2017).

Kedatangan mereka bukan tanpa alasan, mereka ingin mengadu perihal tidak lakunya gula tani di pasaran.

M Nur Habsyin, Sekjen Andalan petani Tebu Republik Indonesia (APTRI) mengatakan tidak lakunya gula tani karena pedagang enggan membeli gula petani karena takut ditarik pajak pertambahan nilai (PPN).

Selanjutnya, banyaknya stok gula di pasaran membuat serapan gula sangat lambat.

Baca: KPU Jateng : Suket E-KTP Sulitkan Administrasi Kami

“Gula dari Jawa tidak bisa masuk ke luar Jawa, karena di luar Jawa sudah penuh gula baik operasi pasar mupun rembesan gula rafinasi. Juga, HET (Harga Eceran Tertinggi) dibatasi Rp 12.500 perkilogram, sehingga pedagang tidak berani menjual di atas HET, akibatnya pedagang menekan gula petani,” kata Habsyin dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jateng.

Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu ditemui oleh Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan, lantaran Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita sedang rapat dengan Presiden di Istana Negara.

Ali Mazazi, petani tebu asal Cirebon mengatakan, dirinya enggan pulang sebelum bertemu langsung dengan Menteri Perdagangan.

“Kami akan tetap di Jakarta sampai ketemu Pak Menteri. Karena Pak Menteri juga berasal dari Cirebon, kami akan berbicara langsung kepada Pak Menteri,” katanya.

Baca: Tanggal Pernikahan Laudya Cynthia Bella Bocor? Netizen Menebak Lewat Postingan Calon Suami Bella

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved