Tahun Perdana Fakultas Vokasi Undip Terima 162 Mahasiswa, Ini Keunggulannya

Sebanyak 162 mahasiswa diterima di tahun pertama berdirinya program sarjana terapan (D4) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Penulis: rival al manaf | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/IST
VOKASI - Wakil Rektor Undip Prof Zaenuri menyambut mahasiswa Fakultas Vokasi di Gedung LPPM Undip, Senin (4/9/2017) 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Sebanyak 162 mahasiswa diterima di tahun pertama berdirinya program sarjana terapan (D4) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Program yang selanjutnya disebut Fakultas Vokasi tersebut dikukuhkan di Gedung LPPM Undip, Tembalang, Senin (4/9/2017).

Prof Budiyono selaku Dekan Fakultas Vokasi Undip menjelaskan, seiring dengan perkembangan Undip sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum, program vokasi menjadi salah satu yang diunggulkan.

"Semua mahasiswa di fakultas ini semuanya diterima dari jalur Ujian Mandiri, prodinya adalah 51 orang mahasiswa Rekayasa Kimia Industri, 52 orang mahasiswa Rekayasa Otomasi kemudian 59 orang mahasiswa Perancangan Mekanik," jelas Budiyono dalam rilis kepada tribunjateng.com

Ia menuturkan ciri khas dari Fakultas Vokasi adalah bekerjasama dengan industri. "Artinya prodi boleh diadakan jika sudah memiliki kerjasama dengan industri," tandasnya. Hal itu karena di pendidikan vokasi lulusan dituntut untuk siap kerja.

"Sekolah vokasi ini menerapkan dual sistem yakni 50% ke kampus dan separuhnya lagi di industri. Jadi tentunya kurikulum berbeda dengan perkuliahan biasa di fakultas lain yang notabene lebih fokus pada proses akademik," tambahnya.

Kedepan, ia akan memfasilitasi mahasiswa Fakultas Vokasi dengan sertifikasi kompetensi. Hal itu dilakukan untuk semakin melengkapi lulusan saat terjun ke dunia kerja, sudah memiliki keahlian yang sudah tersertifikasi. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved