Sampai Kapan Guru PAUD Bisa Setara dengan Pendidik Formal?

Ketua Himpaudi Kab Kendal, Wanda mengatakan sekitar 1.100 guru PAUD yang aktif di 385 PAUD di Kabupaten Kendal sampai saat ini belum jadi pendidik for

Sampai Kapan Guru PAUD Bisa Setara dengan Pendidik Formal?
tribunjateng/dini/ist
GURU PAUD - Ketua Himpaudi Kabupaten Kendal, Wanda memotong tumpeng dalam peringatan HUT PAUD yang diadakan oleh Himpaudi Kab Kendal, Sabtu (9/9/2017) di Alun-alun Kendal. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini suciatiningrum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Himpunan Guru PAUD Jateng akan terus berjuang agar guru PAUD disetarakan sebaga pendidik formal.

Ketua Himpaudi Kab Kendal, Wanda mengatakan sekitar 1.100 guru PAUD yang aktif di 385 PAUD di Kabupaten Kendal sampai saat ini belum jadi pendidik formal.

Menurutnya, guru PAUD juga dibekali dengan pendidikan mengajar namun pemerintah belum mengakui guru PAUD sebagai pendidik formal.

"Saya berharap pemerintah pusat benar-benar memperhatikan guru PAUD karena ini menyangkut kesejahteraan guru PAUD juga," ujarnya acara peringatan HUT PAUD yang diadakan oleh Himpaudi Kab Kendal, Sabtu (9/9/2017) di Alun-alun Kendal.

Terkait dengan tunjangan, Wandan mengungkapkan guru PAUD hanya mendapatkan tunjangan kesejahteraan dari Pemkab Kendal sebesar Rp 200 ribu per bulan.

"Dari APBD baru 60 persen guru yang dapat namun kalau dari APBN belum ada sama sekali," katanya.

Ketua Himpaudi Jateng, Dede Andriyanto dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Elisa menegaskan bahwa, pengabdian guru PAUD itu tidak kalah dengan pendidik formal, yaitu sama-sama mencerdaskan anak-anak bangsa.

Namun pemerintah belum menyeterakan guru PAUD dengan pendidik formal, akibatnya guru PAUD tidak dapat mengikuti sertifikasi seperti guru TK yang disetarakan sebagai pendidik formal.

"Padahal guru PAUD mempunyai tugas yang sama sesuai Permendikbud, dan PAUD juga diakreditasi oleh pemerintah, sehingga seharusnya disamakan dengan pendidik formal, " tegasnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa dalam sambutan yang dibacakan Kasi PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Elvi Sahara memaparkan, Pemda Kendal sangat memperhatikan keberadaan PAUD.

Menurutnya, pendidikan anak usia dini itu sangat penting, karena usia dini merupakan masa keemasan, sehingga harus dioptimalkan pelayanan pendidikan terhadap PAUD.

"Tingkatkan kemampuan guru-guru PAUD supaya menjadi pendidik yang profesional," katanya. (*)

Penulis: dini
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved