Ditanya Terkait Minimnya Penyidik Lulusan Hukum, Ketua KPK Malah Menyindir Komisi III DPR

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyindir Komisi III DPR dalam Rapat Kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Ditanya Terkait Minimnya Penyidik Lulusan Hukum, Ketua KPK Malah Menyindir Komisi III DPR
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mendengarkan pertanyaan anggota Komisi III DPR dalam rapat dengar pendapat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyindir Komisi III DPR dalam Rapat Kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Awalnya, Agus hendak menjawab pertanyaan sejumlah anggota Komisi III terkait minimnya penyidik KPK yang tidak berlatar belakang hukum.

Namun, ia justru berseloroh sembari menyindir Komisi III, yang telah memilihnya menjadi Ketua KPK.

"Saya sulit menjawab ini kalau bapak tadi menyampaikan, kami banyak dari bukan penegak hukum. Komisioner kan memang tanggung jawabnya di bapak semua. Kenapa, milih saya yang kemudian tidak berlatar belakang hukum. Jadi, saya mohon maaf," ujar Agus sambil tertawa.

Pernyataan Agus itu langsung disambut tawa anggota Komisi III yang hadir.

(Baca: Tak Dipanggil Yang Terhormat oleh Pimpinan KPK, Anggota DPR Ini Protes)

Agus kembali menjelaskan, KPK sengaja merekrut beberapa penyidik yang tidak berlatar belakang hukum.

Ia mengatakan, KPK juga membutuhkan penyidik yang berlatar belakang teknik, perkebunan, dan lainnya. Pasalnya, mereka juga harus siap menangani kasus korupsi di sektor-sektor tersebut.

Agus mencontohkan, saat KPK menangani kasus korupsi SKK Migas. Keberadaan penyidik berlatar belakang perminyakan sangat dibutuhkan.

(Baca: Dituduh Pinjam Rp 5 Miliar untuk Jebak Oknum MA di OTT, Wakil Ketua KPK Laode Syarief Bilang Hoaks)

Demikian pula, saat KPK menangani kasus korupsi di sektor perkebunan.

"Jadi, hukum sangat penting. Tapi, pengetahuan mengenai substansi lain juga penting. Oleh karena itu, dalam merekrut penyidik baru, variasi itu kita sebar. Ada bobot khusus di hukum tapi substansi lain juga kami tidak melupakannya," lanjut Agus. (Kompas.com)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com, Selasa (12/9/2017), dengan judul: Pendidikan Penyidik KPK Dipertanyakan, Agus Rahardjo Sindir Komisi III

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved