Tahukah Kamu, HP Wajib Dicantumkan di Kolom Harta SPT Pajak Tahunan? Begini Penjelasannya

"Lagi heboh smartphone yang baru rilis ya? Ingat, tambahkan smartphone di kolom harta SPT Tahunan ya. #SadarPajak," demikian tweet dari @DitjenPajakRI

Tahukah Kamu, HP Wajib Dicantumkan di Kolom Harta SPT Pajak Tahunan? Begini Penjelasannya
tribun jateng/wahyu sulistyawan
Pelaporan SPT Pajak Tahunan. (ILUSTRASI) 

TRIBUNJATENG.COM - Akun Twitter resmi Direktorat Jenderal Pajak membuat kehebohan di media sosial , Kamis (14/9/2017). Akun @DitjenPajakRI mengingatkan agar wajib pajak melaporkan telepon genggam atau handphone (HP) ke dalam Surat Pelaporan Harta Tahunan (SPT) Pajak.

"Lagi heboh smartphone yang baru rilis ya? Ingat, tambahkan smartphone di kolom harta SPT Tahunan ya. ߑŒ #SadarPajak," demikian tweet dari @DitjenPajakRI.

Sontak, postingan ini mendapat tanggapan dari netizen. Ada yang meminta penjelasan, ada yang menilai hal itu tidak masuk akal, ada pula yang menanggapi secara gurauan.

Akun @elfianwidy, misalnya, mempertanyakan peraturan ini. "Bukannya ketika barang elektronik import ketika beredar di wilayah RI sudah dibebankan pajak ketika kita membeli??" tanyanya.

Hal ini ditanggapi langsung oleh admin @DitjenPajakRI. Menurut admin, perlakuan di SPT Tahunan hanya mengisi kolom harta, tidak ada tambahan pembayaran pajak lagi.

(Baca: Sekitar 900 Ribu Wajib Pajak di Jateng Tak Lapor SPT 2017)

Namun banyak juga netizen yang belum paham mengenai hal ini. Mereka mengira, melaporkan SPT sama dengan membayar lagi pajak.

@Kei_chi1: Jadi percuma dong kalau beli hp tv kulkas dll kita bayar pajak...Padahal udah ada pajak pembelian... itu dikemanain yah??

@dekapansenja: Sepertinya setelah ini saya akan jual hp saya dan mulai menggelandang

Sedangkan akun @Pertiwimutiad, menanggapi tweet dari Dirjen Pajak ini dengan gurauan.

Halaman
123
Editor: rika irawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved