GEGER Penampakan Patung Buto Raksasa di Dasar Umbul Saat Air Kering

Netizen atau warganet geger adanya temuan patung raksasa di umbul. Iya, ditemukan patung ukuran besar di Umbul Butho, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan K

GEGER Penampakan Patung Buto Raksasa di Dasar Umbul Saat Air Kering
tribunjogja
Netizen atau warganet geger adanya temuan patung raksasa di umbul. Iya, ditemukan patung ukuran besar di Umbul Butho, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten setelah air di Umbul Butho itu mengering saat kemarau ini. 

TRIBUNJATENG.COM, KLATEN – Netizen atau warganet geger adanya temuan patung raksasa di umbul. Iya, ditemukan patung ukuran besar di Umbul Butho, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten setelah air di Umbul Butho itu mengering saat kemarau ini.

Penemuan patung berbentuk kepala raksasa atau Buto dalam mitologi Jawa itu sempat ramai diperbincangkan di laman komunitas Facebook, Info Cegatan Klaten (ICK).

Dalam foto yang tersebar, patung tersebut berada di dasar Umbul Butho yang sudah mengering.

Tumiyem (60) warga setempat mengatakan umbul itu sudah ada sejak ia masih kanak-kanak.
Termasuk keberadaan patung raksasa yang saat ini ramai dibicarakan di jejaring sosial, Facebook.

Netizen atau warganet geger adanya temuan patung raksasa di umbul. Iya, ditemukan patung ukuran besar di Umbul Butho, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten setelah air di Umbul Butho itu mengering saat kemarau ini.
Netizen atau warganet geger adanya temuan patung raksasa di umbul. Iya, ditemukan patung ukuran besar di Umbul Butho, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten setelah air di Umbul Butho itu mengering saat kemarau ini. (tribunjogja)

“Itu sudah lama, memang dari dulu terpendam lumbur (sedimen). Kalau warga di sini sudah biasa,” ungkapnya ditemui Tribunjogja, Selasa (19/9).

Menurutnya bentuk asli umbul memang sudah tidak terlihat sejak lama.

Sejak ia masih kecil, talut yang berada di sekeliling umbul sudah dibangun untuk menampung air umbul lebih banyak. Kondisi ini membuat bangunan asli umbul termasuk patung raksasa terendam.

“Jadi tidak terlihat dari atas, dan lama kelamaan tertutup lendut (lumpur),” ujarnya.

Meski baru bagian kepala yang terlihat, terdapat kemungkinan masih ada bagian patung lainnya yang masih terpendam di Umbul Butho. Hal ini lantaran bangunan asli umbul sudah tertimbun sedimen sepenuhnya.

“Mungkin kalau digali lebih dalam, kelihatan bentuk aslinya. Selama ini kan terendam air dan sedimen, jadi belum telihat sepenuhnya,” kata Joko warga Ceper yang mengaku sering ke Desa Kedungan.

Menurutnya air Umbul Butho baru-baru ini mengering, sebelumnya dasar umbul selalu terendam air. Sehingga tidak banyak yang mengetahui bangunan asli umbul lantaran tebalnya sedimen dan keruhnya air.

Sepintas bangunan asli umbul tersebut memiliki bentuk persegi dengan luas sekitar 4x4 meter. Hal ini terlihat dari bekas talut lama yang sebagian besar sudah tertutup sedimen atau rusak.

“Sudah lama dasarnya tidak kelihatan karena airnya keruh, sedimennya juga tebal,” ungkapnya.

Selain kepala patung raksasa, terdapat bangunan mirip saluran air yang terlihat di sisi barat umbul. (tribunjogja/ang)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved