Pemkot Salatiga Bakal Lebarkan Jalan Patimura untuk Exit Tol

Pemkot Salatiga telah mendapat sinyal positif terkait dengan usulannya menambah akses exit tol Bawen-Salatiga

DOKUMEN PT TMJ
Ruas Tol Bawen - Salatiga resmi beroperasi, untuk sementara yang bisa melintas hanya kendaraan kecil 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemkot Salatiga telah mendapat sinyal positif terkait dengan usulannya menambah akses exit tol Bawen-Salatiga berdekatan dengan pusat kota.

Sejak 2009, Pemkot Salatiga mengusulkan adanya pemberian akses pintu keluar tol di sekitar Jalan Pattimura, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Hal itu ditujukan agar Salatiga tidak terkesan semakin sepi atas kehadiran ruas Tol Semarang-Solo Seksi III.

“Kami sudah komunikasikan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Untuk akses tambahan pintu keluar Tol Bawen-Salatiga di Jalan Pattimura Salatiga disetujui. Kami selaku penanggungjawab yang akan membangun infrastrukturnya,” kata Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ), Yudhi Krisyunoro pada tribunjateng.com, Jumat (22/9).

Menurut dia, persetujuan akses tol tambahan itu pun sudah disampaikan secara langsung kepada pihak Pemkot Salatiga belum lama ini. Tetapi, ada kewajiban pemda dalam realisasi tambahan pintu akses keluar itu.

Baca: Serunya Lelang Mobil Barang Bukti KPK, Pembeli : Buat Kenang-kenangan Bekas Koruptor

“Kini tinggal kesanggupan dari Pemkot Salatiga bagaimana. Prinsip, pemda terlebih dahulu harus menyediakan lahannya dan melebarkan jalur di sepanjang Jalan Pattimura hingga pusat kota. Jika itu sudah terlaksana, baru kami laksanakan konstruksinya di sana,” ucapnya.

AVP Project Manager Officer PT Jasa Marga, Yhanni Haryanto pun mengamini hal itu. Berdasarkan hasil koordinasi, termasuk bersama Pemkot Salatiga, penyediaan akses exit tol tambahan itu sudah disetujui.

“Tetapi syaratnya memang jalur reguler yang ada di sekitar calon titik pintu keluar tol tambahan itu harus dilebarkan dahulu. Standarnya paling tidak selebar sekitar 6-8 meter. Jika itu sudah dilakukan, barulah dikerjakan konstruksinya. Desain sudah ada, tinggal eksekusinya menunggu pemda,” jelasnya.

Baca: Hari Ini, PLN Padamkan Listrik di Sepanjang Jalan Majapahit Kota Semarang

Adapun, Pemkot Salatiga siap memenuhi syarat untuk pembukaan akses exit tol tambahan di Jalan Pattimura, sesuai dengan permintaan Kementerian PUPR.

“Dua pekan lalu kami sudah menghadap dan berkomunikasi langsung dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Kementerian PUPR. Hasil pertemuan memang kami diminta melebarkan jalan reguler sebagai akses setelah pintu tol tambahan,” kata Wali Kota Salatiga, Yuliyanto.

Sanggup

Menurut dia, dalam waktu dekat pihaknya segera mengirim surat permohonan ke kementerian sebagai bukti kesanggupan dalam usaha merealisasikan usulan exit tol tambahan itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved