Hadirkan Jikustik, Lembaga Kemanusiaan se-Kota Semarang Gelar Konser Amal untuk Rohingya

Forum Lembaga Kemanusiaan Semarang gelar konser amal galang dana kemanusiaan untuk Rohingya, Sabtu (30/9/2017) malam.

Penulis: bakti buwono budiasto | Editor: iswidodo
tribunjateng/bakti/ist
GALANG DANA - Konser amal galang dana kemanusiaan untuk Rohingya oleh Forum Lembaga Kemanusiaan se Kota Semarang di UTC Hotel Jalan Kelud Raya, Sabtu (30/9/2017) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Forum Lembaga Kemanusiaan Semarang gelar konser amal galang dana kemanusiaan untuk Rohingya, Sabtu (30/9/2017) malam.

Konser amal kemanusiaan bertajuk 'Bersama Mendekap Rohingya' digelar di Hall UTC Hotel Semarang, Jalan Kelud Raya.

"Sebagaimana kita ketahui masyarakat Rohingya kini menjadi masyarakat tertindas dan terusir dari negerinya sendiri," kata koordinator penyelenggara, M. Miftahul Surur pada tribunjateng.com, Minggu (1/10/2017) pagi.

Adapun sejumlah lembaga Kemanusiaan Nasional yang ikut di antaranya Pos Kemanusiaan Peduli Ummat (PKPU), Aksi Cepat Tanggap (ACT), Crisis Center For Rohingya (CC4R), IZI, Lazis Jateng, Rumah Zakat, Solusi Zakat dan lain-lain.

GALANG DANA - Konser amal galang dana kemanusiaan untuk Rohingya oleh Forum Lembaga Kemanusiaan se Kota Semarang di UTC Hotel Jalan Kelud Raya, Sabtu (30/9/2017) malam.
GALANG DANA - Konser amal galang dana kemanusiaan untuk Rohingya oleh Forum Lembaga Kemanusiaan se Kota Semarang di UTC Hotel Jalan Kelud Raya, Sabtu (30/9/2017) malam. (tribunjateng/bakti buwono/ist)

Konser amal itu diisi musisi lokal dan nasional antara lain Jikustik, Teddy, Snada, Kayyis, Rastaline dan lain sebagainya.

Surur mengatakan PBB merilis jumlah pengungsi di Camp Cox's Bazar berjumlah 480 ribu orang.

Jumlah tersebut belum termasuk para pengungsi di desa-desa yang terisolir di provinsi Rakhine, Myanmar yang diperkirakan lebih dari 180 ribu orang.

"Di kota Sittwe juga banyak pengungsi yang telah meninggalkan kampung halamannya sejak konflik pecah tahun 2012," ujarnya.

Surur memyatakan tim kemanusiaan dari PKPU, ACT, CC4R dan Tim Kemanusiaan lainnya dari indonesia telah mengirimkan tim yang bertugas di provinsi Rakhine Myanmar sejak akhir agustus 2017.

Sedangkan untuk bantuan ke Cox'Bazar Bangladesh PKPU telah mengirimkan 2 tim yang mempunyai misi awal untuk mengirimkan bantuan logistik terutama bahan pangan.

"Pada konser kali ini ditargetkan hadir 1.000 penonton juga akan berpartisipasi dalam solidaritas amal untuk Rohingya wujud cinta dari masyarakat Indonesia," ujar Surur

Lebih Lanjut, ia menyampaikan lebih dari 25 ton bahan pangan telah didistribusikan ke pada pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Sedangkan di rakhine state, PKPU terus membantu membangun sheter (rumah darurat) untuk para pengungsi.

Sejak pecah konflik Rohingya tahun 2012 hingga saat ini PKPU terus membantu para korban konflik dengan jumlah bantuan lebih dari Rp 28 miliar.

"Terakhir Tim Kemanusiaan kami telah membangun shelter dan distribusi bantuan pangan di Cox's Bazar Bangladesh pada 26/09/2017," papar Surur.

Hasil penggalangan dana dari konser amal tadi malam yang dikumpulkan oleh Aliansi Lembaga Kemanusiaan Jawa Tengah (PKPU, Solusi Zakat, Solo Peduli, RZI, ACT, Lazis Jateng dan CC4R) sebesar Rp 88.241.100.

Kemudian ditambah lelang Lukisan Rp 10.000.000 dan Lelang lagu Rp 7.500.000.

Sementara, dana yang sudah disalurkan oleh Aliansi Lembaga kemanusiaan sejak bulan Agustus total sebesar Rp 7. 594.421.800. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved