Agar Mampu Bersaing Batik Bakaran Juwana Harus Terapkan Teknologi

Agar mampu bersaing di kalangan global, para pelaku usaha kecil batik bakaran Juwana harus mulai berbenah

Agar Mampu Bersaing Batik Bakaran Juwana Harus Terapkan Teknologi
tribun jateng/istimewa
Program pendampingan pengembangan batik bakaran Juwana oleh IbPUD UMK, Rabu (4/10/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Agar mampu bersaing di kalangan global, para pelaku usaha kecil batik bakaran Juwana harus mulai berbenah. Yakni dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Mukhammad Nurkamid, Ketua program Iptek bagi Produk Unggulan Daerah (IbPUD) Universitas Muria Kudus (UMK) mengatakan, pihaknya fokus membantu dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi. Di antaranya yaitu dengan mengaplikasikan teknologi untuk filterisasi limbah, pemanfaatan software keuangan, dan melakukan penetrasi pasar berbasis teknologi informasi.

"Kami juga mendorong pengembangan usaha batik bakaran Juwana agar bisa berperan serta melakukan pembenahan di budang manajemen usaha dan keuangan serta peningkatan sumber daya manusia," kata Nurkamid, Rabu (4/10/2017).

Selain mendorong pemanfaatan teknologi, pihaknya juga mendorong agar para pelaku usaha kecil batik bakaran Juwana mematenkan beberapa produk asli dari Bumi Mina Tani. Hal itu agar tidak ada klaim oleh lain pihak di kemudian hari.

"Batik bakaran Juwana inibprospeknya sangat besar di pasar global atau luar negeri. Karena batik bakaran memiliki corak khas yang berbeda dengan batik lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, batik bakaran masih hanya berkutat di pasaran dalam negeri. Di antaranya di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali.

"Saat ini UMKM batik bakaran Juwana yang bermitra dengan kami yaitu Adisa Batik dan Satria Batik. Mengenai pemasaran memang sangat prospektif dilembangkan," katanya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved