Hari Ini, Sri Sultan Hamengkubuwono X Dilantik di Istana, Anies-Sandi?

Pemda DIY akhirnya mendapat kepastian pelantikan Sri Sultan HB X dan Paku Alam X sebagai Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY

Hari Ini, Sri Sultan Hamengkubuwono X Dilantik di Istana,  Anies-Sandi?
TRIBUN JOGJA/SANTO ARI
Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X mendatangi Mapolda DIY untuk melaporkan berita hoax yang mencatut namanya, Rabu (19/4/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - Teka-teki waktu pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY akhirnya terjawab.

Pemda DIY akhirnya mendapat kepastian pelantikan Sri Sultan HB X dan Paku Alam X sebagai Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY akan dilakukan di tanggal cantik, yaitu 10 - 10 (10 Oktober).

Kepastian ini baru diperoleh Pemda DIY pada Senin (9/10) pukul 15.30. Selain itu, pemerintah pusat juga memastikan bahwa Sultan-Paku Alam akan dilantik oleh Presiden Jokowi Selasa (10/10) pukul 16.00 di Istana Negara Jakarta.

"Info ini kita terima secara lisan dari Jakarta. Beritanya baru masuk jam setengah empat (kemarin, Red) tadi (kemarin)," ujar Sekretaris Daerah Pemda DIY, Gatot Saptadi, melalui sambungan telepon seluler, Senin (9/10/2017) malam.

Baca: Tiga Personel Hengkang, Bagaimana Nasib SNSD Nanti?

Mantan Kepala BPBD DIY ini tidak mengetahui secara detail mengapa ada perubahan jadwal pelantikan.

Sebelumnya Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono, menyampaikan jika pelantikan kepala daerah DIY ini akan digelar pada 16 Oktober mendatang.

Baca: Menkominfo Siapkan Mesin Sensor Konten Negatif Mulai 2018

Artinya, akan ada kekosongan jabatan kepala daerah DIY selama enam hari, setelah masa jabatan Sultan-Pakualam periode 2012-2017 berakhir hari ini.

"Mungkin, salah satu pertimbangan utama pelantikan dilakukan hari ini terkait habisnya masa jabatan. Supaya tidak ada kekosongan jabatan, biar enggak ada PLT (pelaksana tugas gubernur-wakil gubernur), saya enggak tahu. Itu keputusan di pusat lah," papar Gatot.

Halaman
12
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved