Hadi Kusuma Halim Ajak Mahasiswa Unika Kenali Jenis-Jenis Kertas Ramah Lingkungan

Hadi Kusuma Halim Direktur PT Sinar Mas Asia Pulp dan Paper mengajak para mahasiswa Unika mengenali produk ramah lingkungan.

Penulis: Alexander Devanda Wisnu P | Editor: iswidodo
IST
JENIS KERTAS - Mahasiswa saat melihat jenis-jenis kertas yang dipamerkan di gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Hadi Kusuma Halim mengajak para mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata untuk mengenali produk ramah lingkungan.

Hadi sampaikan hal itu saat tampil dalam seminar bertema "Introduction to coated Uncoated Paper, Board and Foopak" di ruang Teater Thomas Aquinas Universitas Soegijapranata Semarang pada Kamis (12/10).

Dalam acara itu juga ditampilkan produk ramah lingkungan berbahan kertas.

Hadi Kusuma menjelaskan ada berbagai jenis kertas dan karton yang dibuat dengan pelapisan (coated) maupun tanpa pelapisan (uncoated).

JENIS KERTAS - Hadi Kusuma Halim Direktur  PT Sinar Mas Asia Pulp dan Paper saat menyampaikan mengenai jenis kertas yang ramah lingkungan di gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata.
JENIS KERTAS - Hadi Kusuma Halim menyampaikan mengenai jenis kertas yang ramah lingkungan di gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. (IST)

"Kertas tanpa pelapisan dikenal masyarakat yakni HVS, kertas buku, kertas bungkus, kertas bulky yang dikenal dengan kertas buram hingga kertas tisu. Sedangkan untuk kertas dengan pelapisan, masyarakat mengenalnya yaitu kertas manila, emmbrosed, HVO, dan untuk karton berjenis chip board, corrugated board, dan duplex non coated sering digunakan sebagai pembungkus dus, " ujar Hadi.

Hadi menambahkan kertas atau karton yang dapat digunakan untuk pembungkus makanan harus memenuhi standard.

Menurutnya, terdapat tiga standard sertifikasi untuk pembungkus makanan yakni FDA (Food Drug Administration), SNI (Standard Nasional indonesia) dan sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

"Mahasiswa sebaiknya mengenal jenis-jenis kertas yang ada di pasaran. Ini penting untuk mempersiapkan mahasiswa berfikir kritis dalam memilih kertas untuk packaging dan desain yang akan mahasiswa buat nantinya," tambahnya.

Dalam akhir acara, Hadi berharap mahasiswa Desain komunikasi Visual (DKV) mampu menjadi desainer yabg profesional nantinya.

"Saya berharap mahasiswa DKV Unika dapat bersaing dan mampu menyakinkan konsumen dengan menggunakan kertas kemasan yang food grade dan ramah bagi pengguna maupun lingkungan," harap Hadi.

Ketua Program studi DKV Unika soegijapranata, Agustinus Dicky Prastomo menyatakan pentingnya mengetahui jenis-jenis kertas yang nantinya digunakan sebagai kemasan produk.

"Topik mengenai food packaging sebenarnya multidisiplin. Seminar ini memberikan pengetahuan secara umum mengenai kemasan makanan sehingga nantinya mahasiswa mampu mengenali jenis kertas yang digunakan untuk packaging produknya," ucap Dicky. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved