Begini Cara Mengakses 700 Judul Buku Perpusda Kota Salatiga secara Online

Program iSalatiga yang berbasis sistem aplikasi dapat diunduh gratis di android maupun iOS.

Begini Cara Mengakses 700 Judul Buku Perpusda Kota Salatiga secara Online
tribunjateng/magang UKSW
Perpustakaan Daerah Kota Salatiga Jl Adi Sucipto No 07 Kalicacing, Sidomukti, Salatiga 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Perpustakaan Daerah Kota Salatiga memanfaatkan teknologi yang ada untuk memudahkan masyarakat akses buku-buku yang tersedia.

Salah satu program yang dicanangkan untuk membantu masyarakat adalah program iSalatiga yang berbasis sistem aplikasi dapat diunduh gratis di android maupun iOS.

Di sana tersedia berbagai buku koleksi dalam bentuk e-book atau buku elektronik.

Program ini bertujuan untuk memudahkan dan meningkat minat baca masyarakat karena dapat diakses di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Program ini dibuat 24 Juni 2017 dan masih melalui proses penyempurnaan, secara tidak langsung sistem pelayanan ini diharapkan dapat menjawab atau menerjemahkan program yang diinginkan pemerintah.

"Cara untuk mendaftar kedalam sistem kami atau menjadi anggota Perpustakaan Daerah cukup mudah. Anda cukup membawa KTP jika anda berdomisili dan asli orang Salatiga dan photocopy KK bagi anda yang bukan asli penduduk Salatiga," kata Niken Lidiastuti (59) Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kota Salatiga kepada tribunjateng.com.

Bagi yang tidak berdomisisli di Salatiga, cukup ke Perpustakaan mendafatar keanggotaan, otomatis sudah terdaftar dalam sistem.

"Anda juga dapat mengakses langsung di laman web dan aplikasi kami," terangnya.

Terdapat kurang lebih 700 judul buku dalam bentuk elektronik dari berbagai jenis yang siap diakses oleh masyarakat.

Jumlah tersebut dapat bertambah karena saat ini perpustakaan sedang mengusahakan memasukkan lebih banyak buku lagi dalam format digital (ebook).

Masyarakat pun tidak perlu khawatir tentang biaya karena baik proses pendaftaran maupun akses ke dalam aplikasi atau laman web tidak akan dipungut biaya sepeserpun atau gratis.

Tetapi satu hal yang perlu diingat, buku elektronik yang ada hanya dapat dibuka selama 3 hari saja setelah itu akses diputus selama beberapa waktu.

"Program ini membantu pelajar mengakses informasi yang mereka inginkan. Baik itu artikel, buku, maupun karangan ilmiah kita siap hadirkan dalam bentuk elektronik sehingga dapat diakses di manapun dan kapanpun," harapnya. Tentu diharapkan program ini juga bisa meningkatkan minat baca generasi muda.

"Semoga bisa meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak kecil dan remaja,” pungkas Niken ditemui di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga, Jl. Adi Sucipto No.07, Kel. Kalicacing, Kec. Sidomukti, Salatiga. (tribunjateng/magang UKSW/anno dan rudi)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved