Breaking News:

Liputan Khusus

Ombudsman Investigasi Dugaan Pungli Cetak E-KTP

Sabarudin menuturkan, dari laporan yang diterima mengenai dugaan adanya calo, masyarakat diminta membayar Rp 100 ribu-Rp 300 ribu

tribunjateng/hermawan endra
Sabarudin Hulu Kepala Ombudsman RI Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - ‎Selama kurun waktu Januari-pertengahan Oktober 2017, Ombudsman Jateng menerima 205 laporan dan aduan dari masyarakat soal pelayanan publik. Enam di antaranya terkait dengan persoalan kependudukan.

"Enam laporan soal kependudukan‎, berasal dari Semarang, Kendal, Kudus, dan Demak," kata Kepala Ombudsman Jateng, Sabarudin Hulu.

Menurut dia, persoalan kependudukan yang dilaporkan bermacam-macam, termasuk menyangkut e-KTP.

Antara lain mengenai keluhan lamanya proses pencetakan, surat keterangan (suket) yang harus diperpanjang setiap enam bulan, serta suket yang tak dapat digunakan untuk keperluan yang membutuhkan e-KTP sebagai dasar identitas diri.

"Selain itu, memang ada dugaan calo, da‎lam proses pengurusan e-KTP di Jateng. Sampai saat ini kami masih melakukan monitoring dan investigasi secara mendalam di berbagai daerah," jelasnya.

Sabarudin menuturkan, dari laporan yang diterima mengenai dugaan adanya calo, masyarakat diminta membayar Rp 100 ribu-Rp 300 ribu agar segera mendapat e-KTP.‎

Berdasarkan laporan itu, calo yang menawarkan jasa pengurusan e-KTP bukan merupakan pegawai resmi di lingkungan dinas terkait.

"Keberadaan calo ini jika terbukti harus ditindak tegas. Kami minta, dinas terkait untuk pro-aktif melakukan penyelidikan," ucapnya.

Dia berujar, calo dapat dijerat dengan pidana. Jika calo itu merupakan warga sipil biasa, ia dapat dikenakan Pasal 368 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), tentang pemerasan.

Sementara, jika calo merupakan pegawai negeri sipil (PNS), dapat dijerat Pasal 423 KUHP, jo Pasal 12e UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). "Bagi PNS, selain pidana juga terancam pemecatan," tandasnya.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved