Mulai Hari Ini, Seluruh Gerbang Tol Hanya Layani Transaksi Non-Tunai

Mulai hari ini, Selasa (31/10/2017), semua gerbang jalan tol tidak akan melayani lagi pembayaran tunai.

Mulai Hari Ini, Seluruh Gerbang Tol Hanya Layani Transaksi Non-Tunai
TRIBUN JATENG/SUHARNO
Presiden Joko Widodo menunjukkan uang elektronik yang akan dipakai dalam transaksi di gerbang tol, Senin (25/9/2017). 

 TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA- Mulai hari ini, Selasa (31/10/2017), semua gerbang jalan tol tidak akan melayani lagi pembayaran tunai.

Pemerintah secara resmi akan memberlakukan penggunaan uang elektronik dalam transaksi di gerbang tol secara penuh.

Mengutip Kontan.co.id, Selasa, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) sebagai salah satu operator tol memastikan kesiapan gardu dan petugas di lapangan.

Jasa Marga bekerjasama dengan pihak perbankan terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi permasalahan mesin reader, topup uang elektronik, hingga sosialisasi masif bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lain di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca: Anak Saya Gabung Klub untuk Orang Normal

Raddy R Lukman, Vice President Operations Management Jasa Marga mengatakan, hingga Senin (30/10/2017), sebanyak 99 persen gerbang jalan tol milik Jasa Marga telah menerapkan pembayaran nontunai dan optimistis menjadi 100 persen pada hari ini.

"Salah satu upayanya dengan mengubah gardu tol hibrid menjadi gardu semiotomatis (GSO)," kata Raddy, Senin (30/10/2017).

Pada masa transisi perubahan sistem pembayaran ini, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan menggunakan jalan tol seperti biasa.

Baca: Presiden Catalunya, Puigdemont, Dikabarkan Mengungsi ke Belgia

Selain itu, dia berharap, pengguna jalan tol diharapkan menyiapkan uang elektronik dengan jumlah saldo yang cukup sebelum memasuki jalan tol, meletakkan uang elektronik tidak jauh dari jangkauan, serta memberikan ciri atau tanda yang khas pada uang elektronik sebagai identitas kepemilikan.

Untuk mendukung kelancaran penerapan 100 persen pembayaran nontunai, Jasa Marga juga memastikan infrastruktur yang laik fungsi serta dukungan petugas di lapangan melalui standard operating procedure (SOP) untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan di gerbang jalan tol, yang dapat diakibatkan karena saldo uang elektronik yang habis, kurang atau uang elektronik yang tidak terbaca, rusak, atau hilang.

Terkait dengan sumber daya manusia menjelang pemberlakuan 100 persen nontunai di jalan tol, sama seperti BUJT lain, Jasa Marga menegaskan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai dampak penerapan kebijakan tersebut. Mereka akan dialihkan ke tempat-tempat yang bisa meningkatkan pelayanan. (KONTAN)

Berita ini sudah diunggah Kompas.com dengan judul Hari Ini, Seluruh Gerbang Tol Hanya Layani Transaksi Non-Tunai

Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved