Pemkot Semarang Bakal Gratiskan Biaya Sekolah untuk Siswa SD-SMP Swasta yang Tak Mampu

Pemerintah Kota Semarang merintis program sekolah gratis bagi siswa-siswi yang tidak mampu

Pemkot Semarang Bakal Gratiskan Biaya Sekolah untuk Siswa SD-SMP Swasta yang Tak Mampu
Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Jalan sehat siswa SD Supriyadi di kawasan Jalan Supriyadi Semarang, Jumat (22/9/2017) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang merintis program sekolah gratis bagi siswa-siswi yang tidak mampu di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) swasta mulai 2018.

"Penyusunan anggaran bagi program sekolah gratis SD dan SMP swasta nantinya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang tidak mampu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin, Selasa (7/11/2017).

Menurut Bunyamin, untuk SD dan SMP Negeri di Kota Semarang selama ini sudah digratiskan pendidikannya, termasuk jenjang SMA dan SMK swasta maupun negeri sebelum diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah provinsi.

"Kalau yang di negeri (SD-SMP, red.) sudah clear, tidak ada persoalan. Tetapi, kami masih punya tanggung jawab terhadap anak-anak yang bersekolah di swasta, utamanya yang mereka tidak mampu," jelasnya, seperti dikutip Antara.

Baca: Debit Air Turun, PDAM Tirto Moedal Atur Jam Pengoperasian Pompa di Wilayah Ini

Hal tersebut diungkapkan Bunyamin usai kegiatan peringatan Hari Pahlawan yang berlangsung di SD Labschool Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang berlokasi di Jalan Menoreh Tengah, Semarang.

Berkaitan dengan program SD dan SMP swasta gratis, kata dia, anggarannya akan diambilkan dari anggaran yang sebelumnya diperuntukkan bagi SMA dan SMK negeri ketik masih dikelola Pemkot Semarang.

"Pak Wali (Wali Kota Semarang, red.) punya keinginan untuk meringankan anak-anak yang bersekolah di swasta. Beberapa tahun lalu, yang miskin sudah dikawal beasiswa miskin, namun belum maksimal," ungkapnya.

Pada akhir tahun ini, ia mengatakan sedang menyusun program SD dan SMP swasta gratis bagi siswa tidak mampu yang pada tahun-tahun sebelumnya Pemkot Semarang hanya memberikan bantuan melalui beasiswa.

Baca: Prakiraan Cuaca Jateng Hari Ini, Siap Bawa Payung Lagi Nih, Mayoritas Daerah Bakal Hujan

Halaman
123
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved