OPINI

Kiat Meraih Sukses Pasca SMA

Kiat Meraih Sukses Pasca SMA. Opini ditulis oleh Dra Hayuningsih, M.Pd, Guru BK di SMAN 15 Semarang

Kiat Meraih Sukses Pasca SMA
tribunjateng/bram
Kiat Meraih Sukses Pasca SMA. Opini ditulis oleh Dra Hayuningsih, M.Pd, Guru BK di SMAN 15 Semarang 

Opini ditulis oleh Dra Hayuningsih, M.Pd, Guru BK di SMAN 15 Semarang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Motivasi untuk meraih kesuksesan dengan pengharapan dan prinsip yang kuat, bisa diraih jika kita dapat berpikiran dan menanamkan suatu konsep bahwa “Sukses Itu Milik Saya."

Bingung untuk menentukan karir setelah tamat SMA adalah suatu hal wajar. Di saat seperti itu, kita diharuskan menentukan pilihan kuliah atau kerja?Jika kuliah mengambil jurusan dan fakultas apa? Kalau kerja mau mencari pekerjaan apa? Maklum, setelah tamat SMA memang belum disiapkan untuk bekerja tetapi disiapkan untuk melanjutkan kuliah. Berbeda dengan tamat SMK, yang disiapkan untuk kerja.

Terkadang situasi dan kondisilah yang memaksa kita untuk memprioritaskan, yang sebenarnya itu bukan pilihan kita. Di saat seperti inilah kita ditantang untuk bersikap dewasa.

Hidup sekali hiduplah yang berarti. Hidup merupakan suatu pilihan. Kita harus mampu dan berani menentukan pilihan satu dari sekian banyak plihan hidup.

Menentukan skala prioritas,melihat potensi kita, bakat dan minat kita, adalah suatu tindakan yang bijaksana. Keteguhan dalam memilih, dengan tidak hanya ikut-ikutan teman dalam memilih suatu perguruan tinggi dan jurusannya,sangat diperlukan. Kalau misalnya ketika teman kita memilih jurusan hukum maka kita ikut ambil jurusan hukum, teman kita mau bekerja dahulu kita mengikutinya, akan menjadikan kita terombang-ambing dan tidak mempunyai ketegasan.

Ketetapan hati dan pikiran kita dengan memutuskan untuk mengambil suatu jurusan atau fakultas perlu mempertimbangkan minat dan cita-cita yang ingin dicapai. Hal ini penting, karena sebelum kita melangkah lebih jauh, semestinya harus ditentukan lebih dahulu, dan bila perlu minta bantuan Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah untuk membantu mengatasi kebingungan dalam menentukan karir.

Penyesalan yang tidak diperlukan tetapi sering dialami anak pasca SMA. Ketidak-tepatan dalam memilih suatu jurusan di suatu fakultas, dapat berakibat fatal, setidaknya dapat menjadi penyesalan seumur hidup. Untuk itu, jangan sampai kuliah yang dijalaninya tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas. Selain itu, nantinya akan menyulitkan diri kita,dan hasil yang akan diperolehnya tidak akan optimal.

Ukurlah kemampuan kita dulu, jangan sampai salah ambil jurusan atau fakultas. Jika mampu kita di bidang sosial lalu diambil di bidang MIPA, hasilnya waktu kita mengikuti kuliah akan terseok-seok atau keteteran. Dampak negatifnya waktu yang akan kita tempuhpun lebih lama sehingga biaya dapat membengkak.

Jika kita akan kuliah hendaknya memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul, di antaranya, akan kuliah dimana? Jurusan apa yang diambil? Program apa yang akan ditempuh? Setelah lulus apakah akan bisa mendapatkan pekerjaan? Berapa biaya yang akan dikeluarkan? Tentunya harus menyadari kondisi ekonomi orang tua, supaya tidak putus di tengah jalan. Pertanyaan-pertanyaan ini penting sebagai bahan pemikiran dan dapat dijadikan pedoman untuk menentukan suatu pilihan pasca tamat SMA.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved