Maaf Ya, Ini Jadwal Gangguan Aliran Air PDAM Tirta Moedal di Kota Semarang

PDAM Tirta Moedal Kota Semarang meminta maaf atas gangguan pelayanan yakni tidak mengalirnya air di sejumlah wilayah Kota Semarang.

Tribun Jateng/dok
PDAM Tirta Moedal Kota Semarang meminta maaf atas gangguan pelayanan yakni tidak mengalirnya air di sejumlah wilayah Kota Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PDAM Tirta Moedal Kota Semarang meminta maaf atas gangguan pelayanan yakni tidak mengalirnya air di sejumlah wilayah Kota Semarang.

Kepala Humas PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Joko Purwanto mengatakan penyebab tidak mengalirnya air baku dikarenakan kurangnya pasokan air di IPA Kudu.

Hal ini berdampak sejumlah wilayah di Semarang Timur, sebagian Semarang Utara dan sebagian Semarang Selatan tidak teraliri air PDAM.

"Kami sampaikan dari tanggal 3 November 2017 pasokan air baku dari Bendung Klambu (Perwodadi) mengalami penurunan debit. Sehingga berpengaruh pada kuantitas produksi air," terangnya, Jumat (10/11/2017).

Menurutnya, pada saat normal produksi air rata-rata mencapai 900-1000 liter perdetik. Namun pada saat ini hanya berproduksi rata-rata 550 hingga 600 liter perdetik.

"Penurunan debit air baku ini disebabkan perjalanan air baku dari bendung Klambu (sumber air baku) hingga IPA Kudu sepanjang saluran terbuka 42 Kilometer, elevasi 9 meter, dan dari Bendung Klambu debit air dilepas 1.330 liter per detik mengalami banyak kendala antara," jelasnya.

Lanjutnya, kendala tesebut diantaranya pemanfaatan air baku oleh petani sekitar. Selain itu pada tanggal 8/11/2017 lalu, saluran air baku di Cabean Karangawen terkena longsoran tanah dan telah diselesaikan.

"Dengan kondisi tersebut memberlakukan sistem penggiliran jam operasional pompa tranmisi dan distribusi dengan pembagian wilayah sebelah utara jalan Majapahit wilayah distribusi dan sebelah selatan Jalan Majapahit," tuturnya.

Berikut pembagian giliran pompa transmisi yaitu

1.Pukul 07.00-19.00 WIB
Padi, Kapas, Genuk, Kaligawe, Senompyong, Cilosari, Pengapon, Ronggolawe, Kebonharjo, Pelabuhan Tanjung Emas, Tanah Mas, Tlogosari, Tlogomulyo, Taman Sari Majapahit, Medoho, Soekarno Hatta, dan sekitarnya.

2. Pukul 19.00-07.00 WIB
Fatmawati, Plamongan, Kedung Mundu, Ketileng, Wana Mukti, Sendang Mulyo, Meteseh, Dinar Mas, Bukit Kencana Jaya, Rogojembangan, Cinde, Tanah Putih, Jombang Candisari, Karang Anyar Gunung, dan Sekitarnya.

Ia menuturkan jam tersebut bukan waktu mengalir, melainkan pembagian jam operasional pompa untuk wilayah utara, dan wilayah selatan.

"Tentunya dengan penggiliran ini banyak wilayah aliran airnya terganggu untuk menjaga pelayanan kami berikan bantuan air tangki yang dapat disampaikan melalui : Call Center 02476920999 pada jam kerja laman fanpage : PDAM Kota Semarang, twitter : @PDAMKotaSMG, IG pdam_kota_Semarang," ucapnya. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved