Akhirnya Setelah 18 Tahun, Penyandang Difabilitas Ini Akhirnya Bisa Berjalan Tanpa Tongkat

Penyandang difabilitas itu menceritakan, polio yang menyerangnya sudah dialami saat belajar berjalan ketika masih balita.

Akhirnya Setelah 18 Tahun, Penyandang Difabilitas Ini Akhirnya Bisa Berjalan Tanpa Tongkat
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Hendi memasangkan alat bantu berjalan bagi penyandang difabilitas 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Warga Kelurahan Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang, Wawan (24), sudah 18 tahun berjalan menggunakan bantuan tongkat.

Kaki kirinya tidak bisa berfungsi karena mengalami polio sejak masih balita.

Penyandang difabilitas itu menceritakan, polio yang menyerangnya sudah dialami saat belajar berjalan ketika masih balita.

Hal itu berawal saat dirinya dibawa orang tua untuk imunisasi.

"Orang tua bercerita kalau saat itu saya sudah mulai bisa berjalan. Tapi setelah imunisasi, saya demam selama 10 hari dan muncul benjolan besar di bekas suntikan imunisasi," kata Wawan di sekretariat Paguyuban Peduli Penyandang Disabilitas (P3D), jalan Anjasmoro III No 29, Karangayu, Semarang, Senin (13/11/2017).

Penyandang difabilitas, Wawan.
Penyandang difabilitas, Wawan. (TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN)

Demamnya reda seiring mengecilnya benjolan. Namun, justru kakinya yang sebelah kiri mengalami kelumpuhan. Wawan pun kemudian hanya bisa merangkak jika ingin beraktivitas atau keluar rumah.

Kondisi tersebut dijalaninya hingga akhirnya Wawan masuk Sekolah Dasar (SD). Saat itu menjadi moment pertama Wawan bisa berjalan namun dengan bantuan tongkat yang terbuat dari kayu.

"Saat itu usia saya 6 tahun dan masuk sekolah pertama dalam kondisi cacat pakai tongkat untuk berjalan. Pengalaman sejak SD hingga SMA, saya sering diejek, dibully dan lainnya. Tapi hanya bisa terima," ucap Wawan yang sudah 2 tahun bekerja sebagai admin toko penjualan online.

Berbagai pengalaman pahit dirasakannya sebagai penyandang difabilitas. Mulai terjatuh, diejek hingga minder berbaur dengan orang lain.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved