Breaking News:

INOVATIF, Daun Kelor Jadi Bahan Berbagai Makanan, Bisa Buat Puding

Tahukah anda bahwa daun kelor yang kaya akan antioksidan dapat disajikan dalam berbagai variasi hidangan yang lezat.

Penulis: Yasmine Aulia | Editor: galih permadi
ISTIMEWA
Tahukah anda bahwa daun kelor yang kaya akan antioksidan dapat disajikan dalam berbagai variasi hidangan yang lezat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yasmine Aulia

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Tahukah anda bahwa daun kelor yang kaya akan antioksidan dapat disajikan dalam berbagai variasi hidangan yang lezat.

Ibu-ibu perwakilan dari Pos Unit Kesehatan Kerja (UKK) Brebes ini telah mewujudkan kreasi makanan berbahan dasar daun kelor dalam acara yang diprakarsai oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip pada Selasa (14/11/17).

Lomba penyajian masakan bergizi serta kaya antioksidan diselenggarakan di Balai Desa Rengas Pendawa, Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes.

Tak hanya puding lumut, terdapat juga berbagai olahan daun kelor yang dikemas menjadi rolade tahu, sayur bening, buntil hingga jus.

Dewan juri dari perlombaan ini merupakan tim gabungan dari perwakilan Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan, serta FKM Undip.

"Tujuan dari acara ini salah satunya membiasakan warga khususnya para ibu dalam penyajian makanan yang kaya antioksidan guna menyangkal radikal bebas," ujar Hanifa Maher Denny Selaku Dekan FKM Undip pemrakarsa dan narasumber kegiatan.

Angka kematian ibu dan bayi serta banyaknya penyakit yang disebabkan karena paparan pestisida melatarbelakangi kegiatan ini diselenggarakan.

"Pos UKK telah dibentuk di Brebes sejak tahun lalu sedangkan tahun ini kami kembangkan agar dapat mencakup lebih luas sehingga penyakit akibat paparan pestisida dapat lebih diminimalisir," tambahnya.

Banyaknya penelitian yang telah dilakukan akibat paparan pestisida membuat FKM Undip tergerak untuk melakukan upaya pencegahannya.

"Maka untuk tindakan preventif, kami berusaha membiasakan ibu-ibu menyajikan sajian yang kaya antioksidan."

Harapan dari Selamat Riyadi selaku perwakilan dari Kemenkes, kegiatan ini dapat membudayakan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan guna menangkis efek buruk dari paparan pestisida.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian, Kabupaten Brebes merupakan wilayah dengan pemakaian pestisida tertinggi di Asia Tenggara.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved