Perpanjangan Sewa Alun-alun untuk Pedagang Klewer Solo masih Teka-teki

Pemkot Solo mengaku belum memikirkan kemungkinan perpanjangan sewa Alun-alun Lor Keraton Kasunanan Surakarta

Perpanjangan Sewa Alun-alun untuk Pedagang Klewer Solo masih Teka-teki
TRIBUNJATENG/dok
Pasar Klewer Solo Hasil Renovasi Setelah Kebakaran Dahsyat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemkot Solo mengaku belum memikirkan kemungkinan perpanjangan sewa Alun-alun Lor Keraton Kasunanan Surakarta. Alun-alun itu sebagai lokasi pasar darurat pedagang Pasar Klewer Solo. Sedangkan pelaksanaan revitalisasi Pasar Klewer sisi timur tak kunjung pasti.

Pemkot Solo pun mengakui masih berupaya untuk melobi Kementerian Perdagangan (Kemendag), agar anggaran revitalisasi bisa kembali dialokasikan pada 2018.

"Sampai sekarang belum ada rencana perpanjangan sewa. Sewa lahan sampai saat ini tetap setahun dahulu," jelas Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagiyo, di sela peluncuran inovasi OPD di Hotel The Royal Heritage, Solo, Rabu (15/11/2017).

Ia menjelaskan, sewa Alun-alun Lor tersebut berlaku sejak 20 Oktober, hingga 20 Oktober 2018, usai Pemkot dan keraton menandatangani kesepakatan peminjaman lahan di kompleks keraton beberapa waktu yang lali.

Adapun, untuk dapat memanfaatkan alun-alun sebagai pasar darurat bagi ratusan pedagang Pasar Klewer selama setahun itu, Pemkot Solo harus merogoh kocek hingga Rp 2,5 miliar.

"Wali Kota FX Hadi Rudyatmo terus berusaha agar anggaran revitalisasi Pasar Klewer bisa dikucurkan lagi tahun depan. Komitmen kami, Pasar Klewer tetap bisa dibangun dan selesai pada 2018," ungkap Subagiyo.

Menurutnya, Pemkot Solo tetap menargetkan rencana revitalisasi Pasar Klewer itu bisa direalisasikan pada awal tahun depan.

"Jika menunggu pembahasan APBN Perubahan, kami khawatir waktu pengerjaan proyek mepet. Itupun sewa lahan juga perlu diperpanjang," katanya.

Seperti diketahui, revitalisasi Pasar Klewer sisi timur yang digagas Pemkot Solo, belum dapat direalisasikan.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved