Breaking News:

Bolehkah Perusahaan Menahan Ijazah Karyawannya? Inilah Aturan Hukumnya

Seringkali kaita mendengar atau membaca keluhan karyawan yang ijazahnya ditahan perusahaan tempatnya bekerja?

Tribun Jogja
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Seringkali kaita mendengar atau membaca keluhan karyawan yang ijazahnya ditahan perusahaan tempatnya bekerja? Bolehkah dan bagaimana aturannya.

Pertanyaan:

Nama saya Marni. Saya seorang ibu rumah tangga (IRT). Saya pernah bekerja di perusahaan PT. EXXEL yang bergerak di bidang distributor and dealer operator PT. EXXEL.

Saya mulai bekerja pada tanggal 1 April 2014, yang mana menandatangani perjanjian kerja dan saya di minta untuk menyerahkan ijazah asli sebagai jaminan kerja.

Pada tanggal 11 Agustus 2014, saya telah melakukan pengunduran diri yang mana sebelumnya saya sudah ajukan surat resign 1 bulan sebelumnya dan sudah menyelesaikan semua kewajiban kerja dan exit cleared-nya beres.

Pada tanggal 1 September 2014, saya datang ke perusahaan menemui HRD untuk mengambil ijazah saya, tetapi pihak HRD belum dapat memberikan ijazah tersebut, namun hanya dapat memberikan surat keterangan kerja dan mereka berjanji akan mengirimkan ijazah saya paling lama 1 minggu kemudian.

Dikarenakan pada tanggal 2 September 2014, saya pindah ke luar kota (Palembang), saya hanya bisa menanyakan perkembangan melalui telepon dari tanggal 3 September 2014 sampai seterusnya, tetapi pihak HRD selalu mengatakan sibuk dan belum menemukan ijazah saya.

Kemudian pada tanggal 10 November 2014, saya datang ke Jakarta untuk menemui langsung pihak HRD perusahaan, tetapi mereka tidak memberikan ijazah saya, bahkan menyatakan bahwa ijazah saya hilang pada saat pergantian HRD di sana.

Beberapa hari kemudian, saya kembali mendatangi perusahaan dan perusahaan hanya memberikan surat pengganti dari kampus saya, dan perusahan memberikan pernyataan bahwa mereka hanya bertanggung jawab sebatas mengurus surat pengganti bukan ijazah saya yang asli.

Seperti apakah aturan hukum perusahaan yang menahan ijazah karyawannya?

Halaman
1234
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved