Breaking News:

Hari Guru Nasional

Duh, Kabupaten Semarang Kekurangan 1.500 Guru SD dan SMP

Kabupaten Semarang masih kekurangan 1.500 guru untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

tribunjateng/hermawan handaka
Sejumlah wajah Pak Guru dan Bu Guru jadi coreng moreng setelah anak-anak didik mereka dengan mata ditutup kemudian merias atau memberikan make up terhadap gurunya. Acara meriah ini dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Jumat 25 November 2016. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Kabupaten Semarang masih kekurangan 1.500 guru untuk sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Guna menyiasati kekurangan tenaga pendidik ini, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) setempat mengoptimalkan keberadaan guru tidak tetap (GTT) yang ada.

Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih mengungkapkan, ada 463 SD di Kabupaten Semarang yang masih membutuhkan 1.200 guru.

Sementara, di 56 SMP masih kurang 150 guru.

Baca: Hari Guru Nasional, Seluruh Guru di Kota Tegal Berkumpul di Alun-alun

"Itu semua di SD dan SMP negeri atau milik pemerintah. Upayanya, kami optimalkan guru tidak tetap yang ada di sekolah. Sebab, memang tidak mungkin membiarkan anak-anak telantar," kata Dewi, Jumat (24/11/2017).

Defisit guru sekolah negeri ini diakui Dewi terjadi setelah pemerintah pusat melakukan moratorium penerimaan PNS. Terakhir kali rekrutmen guru adalah pada tahun 2012.

"Sementara, tiap bulan, rata-rata guru yang pensiun 25 orang," ujar dia.

Terkait kesejahteraan GTT ini, ujar Dewi, pemerintah daerah melalui APBD memberikan insentif Rp 500.000 per bulan. Angka tersebut diperuntukkan bagi GTT yang diangkat sebelum Desember 2009. Kemudian, bagi GTT yang diangkat setelah 2009, mereka mendapatkan insentif dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Baca: Duh, Dishub Kota Semarang Larang Parkir di Kawasan Simpanglima, Tapi Rambu Belum Diganti

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved