Tribun Campus

KKN Unnes Tanam 5600 Pohon di Kendal

Memasuki musim penghujan, musibah banjir menjadi momok bagi masyarakat Kendal.

KKN Unnes Tanam 5600 Pohon di Kendal
Istimewa

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL -  Memasuki musim penghujan, musibah banjir menjadi momok bagi masyarakat Kendal. Untuk menanggulangi hal tersebut, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Semarang( Unnes) melakukan penanaman pohon keras sebanyak 5600 pohon.

Pohon yang ditanam di antaranya adalah trembesi, sengon, susa gelina, duwet dan sirsak. Pohon tersebut ditanam di 12 desa di kabupaten Kendal.

Tomi Hendra Saputra, Koordinator KKN Unnes Kecamatan Brangsong menuturkan di kecamatan Brangsong sering terjadi banjir. Hal itu disebabkan oleh penebangan liar serta proyek jalan tol Semarang Batang.

" Kegiatan ini meruapakan wujud dari kepedulian Tim KKN kami terhadap lingkungan, Harapanya nantinya dalam jangka panjang tidak terjadi banjir lagi." ujar Tomi (28/11)

Camat Brangsong, Achmad Ircham Chalid, yang ikut serta dalam penanaman ini menambahkan dampak dari penebangan pohon secara liar, mengakibatkan pasir dan lumpur yang berada digunung ikut larut dalam air yang nantinya menyebabkan pendangkalan di sungai dan saluran irigasi. Apabila air bah mengalir nantinya akan meluap dan membuat banjir.

" Secara bergiliran tiap-tiap desa yang lain juga akan ditanami pohon keras baik di pinggir jalan maupun di dekat saluran irigasi," ujarnya (*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved